Bocoran Kunci Jawaban UN 2010 Paling Banyak Dicari

Kunci jawaban UN 2010 adalah kata kunci yang paling banyak dicari. Beberapa hari atau pekan terakhir ini “kunci jawaban UN 2010″ menempati posisi paling tinggi dalam blogku.

Apa arti semua ini?

Pertama saya bersyukur karena masih banyak orang yang bertanggung jawab di negeri ini. Para siswa, guru, dan siapa pun yang mencari kunci jawaban UN melelui internet adalah orang-orang yang bertanggung jawab. Mereka ingin para siswa lulus UN 2010 dengan baik.

Kedua saya prihatin karena bocoran kunci jawaban UN 2010 tidak disahkan secara formal. Bahkan beberapa pihak menanyakan halal-haramnya bocoran kunci jawaban UN. Saya sendiri telah lama mengusulkan agar disusun skenario besar untuk membocorkan UN secara sah.

Ketiga saya prihatin dengan wajarnya kecurangan. Karena kondisi yang menghimpit beberapa pihak terpaksa mengambil langkah curang. Asal tidak tertangkap maka tindakan curang dapat dimaklumi. Ini adalah kerugian terbesar kita di bidang pendidikan.

Saya sendiri yakin bahwa bocoran UN 2010 tidak harus identik dengan curang atau haram. Bocoran UN 2010 dapat saja adil, halal, dan disahkan secara formal. Hal itu bergantung bagaimana kita mendesainnya.

Sementara ini saya masih prihatin bahwa bocoran UN didekatkan dengan kasus pidana. Mestinya kita banyak belajar dari pengalaman-pengalaman masa lalu.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

362 responses to “Bocoran Kunci Jawaban UN 2010 Paling Banyak Dicari

  1. AWrWb, Pertama rasa syukur Anda, ke 2 dan ke 3 Anda prihatin, kalau terus terjadi ada jawaban UN bocor dan kebenarannya berkali-kali Anda ulas 100% kebenarannya, maka untuk apa lagi ada UN, biarkan saja tiap sekolah mau meluluskan 100%, toh nanti mereka kelak akan di uji di masyarakat, lihat saja orang yang sekaliber Dahlan Ihsan dari Jawa Pos bisa memimpin PLN dan mulai terlihat kiprah dan gebrakannya, para lulusan Insinyur yang bejibun di PLN pasti gakum dan kaget2 atau mulai ada yang ngeri/ takut, ini bukti bahwa pendidikan yang benar akhirnya akan menonjol, coba siapa yang bisa menantang pak Dahlan berbhs Mandarin, dia pun adalah orang Indonesia yang paling sering ke China tiada tandingannya, Salam hangat

  2. lebih baik kunci jawaban UN 2010 di bocorkan agar anak didik bisa lulus ujian !!!!
    kahan kasihan apabila mereka tidak lulus

  3. Pak Angger, rupanya hal yang tdk mungkin yang diharapkan anak2/ para murid, sebab ujiannya belum berlsg, tapi sdh minta bocoran jwbn un 2010, mustinya jng ditanggapi dan mari kita sama2 mendorong/ motivasi mereka untuk mempersiapkan diri dengan sungguh2, atau sdh demikian payah/ parah sebagian murid2 kita, Wassalam

  4. asstaghfirulloh………..ko`do kongono kui,
    tapi kalo ada ya gp2,asal aku dikirimi, oke…….
    penting ????????????????????????tulung tulung zaaaaaaaaaaaaa…….plea…………..

  5. tolongin donks kasih tau anak indonesia kunci jawaban nya biar kita tidak malu dan minder dengan negara-negara tetangga kita.biar anak indonesia bisa lulus semua.biar kita warga negara indonesia jadi bangga apa bila anak didik kita lulus semua.dan mendapat kan nilai yang tertinggi,jangan mau kalah dengan negara tetangga kita yang nilai nya sudah jauh lebih tinggi dari kita.

  6. ka tolong bantu kami kami pingin lulus un dan kami pngn kunci jawaban un 2010 please membantu pahalanya besar lo….?

  7. tolong saya …………………………………

    donk……………………………………………….

    kasih saya jawaban un 2010…………………

    plissss……………………………..

    clx ayas b o d o h………………………….

  8. Woy…………….??????Situs wat nyari bocoran un 2010 apa siCh???yANG BNR” ADA ……????Klo dah nmu ksh tw yah………..???

  9. tolong dong? saya diajari bagaimana cara mengerjakan soal matemaika bab bangun ruang yg rumit bngt. gmana yah? supaya saya ngerti. thanks…..

  10. gimana orang2 indonesia mau pintar setiap dilaksanakan UAN selalu ada bocoran. sesungguhnya orang indonesia akan pintar jika mau sungguh2 dalam belajar,dan seorang guru hrus sungguh2 dalam mendidik muridnya.

  11. menurut saya ujian ni merupakan sebuah ajang yang sangat berarti dan penting bagi kami yang UAN, tapi gimana kalau kami udah menjawab dengan benar tp kunci nya yang salah
    bukan kah itu merupakan ketakutan yang selalu menghantui siswa/i kls 12 e………

  12. iy btuh bgd…
    sdkit tdk msuk d akal,dgn 3 tahun blajar d tentuin dgn 5 hari,trus d koreksi dgn komputer ciptaan manusia …

  13. tolong donk kasih kami boncoran ujian UN kami bntuh itu……
    yg sebenar nya ya…………….
    kami pengen lulus 100%….

  14. aq minta kunci jawaban UN 2010 SMA IPA paket “B” …………di kirim ke nomor 08995291506

    segera!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. aku minta kunci jawaban UN 2010 SMP IPA sama Matematika Paket “A” donk…
    kirim ke nomer 085722217046,,

    makasiih…

  16. AKU MINTAN KUNCI JAWABAN UN 2010 SMP B .NDONESIA,MATEMATIKA,B.INGGRIS,DAN IPA PAKET A……..,DI KIRIM K NOMOR 085782696458

    SEGERA YACH,MAKASIH…….

  17. saya sangat membutuh kan kunci UN tolong bantu aq yyyyy pak?yang aq mintak cuma 2 yait:1.b.inggris.2.mtk tolong kirim yyyyy. tolong kirim kesini:081275169454 ok.

  18. PAK,tolong krimin kunci jwaban , matematika,b.inggris, b.indonesia,, pket “A” ke no ni 081360611823 … sya tnggu toolooong yaa pak ! TKS

  19. pak tolong kirimkan jawaban uan 2010, untuk smk teknologi, teknik permesinan. krena ini sangat penting skali untuk saya, kalau bisa pak mlm ini dikirimin, soalnya besok udah ujian, please pak

  20. kelulusan adalah tanggung jawab murid u meraih kualitas n kuantitas dan tanggunjawab sbg guru yang punya nurani …

  21. pernah saya mendengar selintingan bahwa kita semua ini (maksudnya guru yg berbuat curang) adalah “guru gila” alasannya guru yang membuat soal UN guru juga yang menjawab dan membuat kunci jawabab agar siswanya lulus 100%

  22. tlng sya mhn dg sngt ksh tw sy knci jwbn soal un 2010 yang soal B plissss…….terutama ntk………. ini dmi ank indonesia.

  23. tlng krimin donk kunci jawabn bhs.inggris,matematika,fisika,kimia untuk paket A(22) untuk daerah sul-sel….tlong d krim d nomor ini 085656150478

  24. Mas tolong Donk Kirimi Kunci JAwaban b.inggris ,matematika untuk smk teknologi paket A kode sOAl 14…..tyuz teori KEjuruan nya sekalian ea mas…..teori kejuruan TKJ(teknik Jaringan komputer)
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih…..

  25. boleh kasih tau gue kunci jwban soal un 2010 yg soal paket 22 soal A ujian matematika PLIS TOLOOONG GUE lebih cepat lebih baik no hp 085255941402 cepat?

  26. Tolong dunk, kirimin kunci jawaban ujian MM, Fisika ma Kimia paket 55 daerah sul-sel, tolong secepatnya kasian,,,

  27. tolong donk pliis kasi tau aku bocorannya aku mau lulus nich ya , tenang aja saya ini orang yang dapat dipercaya , ayo donk pliss paket a yaa

  28. MAkanya BElajar…..jgan tepaku ama BOCoran….inget ORang MAlas sAudaranya SETAN…ente MAu disamain KYAk SETaN………..WKWKWKWKKWKW

  29. yg tau kunci MM Paket 55 kirim dunk untuk UN besok… lumayan buat referensi,,, kirim ke nomor 085796147428, mohon jgan krim kunci yang asal2an…

  30. pliss kasih tw donk….kunci jawaban UN smp IPA sama matematika aja,,,,
    aku mohon,,,,,hiks2
    nih numz aku kk 087899734448

  31. sbnr.a knci jwbn tuh prlu g prlu,,prlu bwt ank yg ga bsa n g brgna ank yg bsa n smbg,,,
    emg ksian qlo g lu”sz..
    1.mrka mrsa mlu bgt
    2.mrka psti d omelin bonyok.a,,shrs.a bwt ortu qlo g2 hrsz d bri smngt,,
    3.jd stresz..
    jd qlo blh sbrkn knci jwbn.a,,emg nhe ujian taappiii..un g prlu bwt pokok.a lu”sz…

  32. wah..saya juga butuh niii..–”
    GEOGRAFI paling pusingg…
    kode soal P 70 – Jakarta pusat.. .tolong bantuannya dong pakkk ^^

  33. tolong donk, kirim kunci jawaban kimia paket 55 daerah sul-sel,,, di nomor 085796147428 secepatnya… tolong dikirim sebelum hari H-nya… Thanks b4… d tunggu…

  34. tolong donk…. di kirim ke alamat email aku…

    jawaban paket a paket b nya,,,,

    kmi 1 kelas butuh jawaban nya… tolong ya….

    sebelum hari H nya

  35. jgn prnh ksh tau bocoran soal un xa wlupn km tau….sebaikxa bkrja sesuai kemampuan sendri klu sprti ini trus bgai mana mau cerdas anak bangsa

  36. tollong dunx minta kunci jawaban UN b.inggris + IPA smp kelas 9 paket A yaaa…..
    kirim sekarang ke no 081909754256 yaa….

  37. tlg………
    tlg…………
    ksh kunci jawaban UN matematika paket A……………
    kirim sekarang ke no.hp 087868845836…………
    plissssssssssssssssssss………………………………

  38. makanya, kalu kag lulus kemaren2 ke mana ajah lu? yg lain belajar capek capek ini mah malah nnggunain kunci jwbn!

    Kalo UN dibocorkan secra sah, buat apa ada ujian? Kumaha atuh si akang teh?

  39. pembodohan…mau dibawa kemana generasi bangsa ini…? semoga anak2 saya kelak tidak akan pernah tertarik dengan cara2 kotor seperti ini…amin3x.

  40. dengar dengar ada bocoran kunci jawaban un 2010,,,dan dikoran ternyata ada kabar bahwa benar 99%,,saya sangat menghargai orang yang memberi jawaban tersebut karena itu perbuatan sangat mulia,,,un sebenarnya tidak perlu karena sekolah sudah menerapkan KTSP,saya kiraun hanya membuang waktu dan biaya,,,presiden mengatakan “lebih baik 1 juta pelajar ind. stress karna tak lulus daripada ind. terus mjd negara tertinggal”…saya sangat tidak setuju,,,bagaimana ind. bisa maju kalau lebih dari 1 juta generasi mudanya stress,,,iy g???

  41. yup bnar bgt..
    jka kta mw pintar y blajar
    jika kita mw kya y nabung

    jadi klo ujian jang ngandalkan orng lain apa lg kunci jwaban
    blm tentu bnar jga toh

  42. bizzzzzza gakkkkkkkk 2010 juga plllliizzzzzzzzzz………..
    biarrrrrrrr kitaaaa luuuuuuuluuuuuuuuuuuuuuzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz,,,,,,,,,,, alamat surel abon batu gajah……………..
    no seluler 085254922638,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  43. Untuk Ajeung yang gitu ngotot cari bocoran UN, padahal waktu UN masih beberapa bulan lagi, daripada mengharap sesuatu yang musykil, cobalah persiapkan diri dengan tekun, teratur dan pantang nyerah, ulangi pelajaran bersama teman2 agar bisa menjalin kerjasama yang baik, tapi apa nasehat ini masih mempan bagi yang sudah nyerah sebelum bertanding ??

  44. 1A
    2A
    3A
    4A
    5A
    6B
    7B
    8A
    9A
    10A
    11A
    12
    13B
    14B
    15B
    16B
    17B
    18B
    19A
    20A
    21A
    22A
    23A
    24
    25C
    26C
    27C
    28C
    29C
    30D
    31D
    32
    33D
    34C
    35D
    36A
    37B
    38D
    39C
    40A
    41C
    42B
    43C
    44B
    45C
    46
    47B
    48C
    49D
    50C

  45. smua kunci jwban blm tntu bnr……
    knpa pda mnta bcora knci jwban.a..??
    mnding kita blajar yg rajin,,gx usah mnta kunci jwban.a…???

  46. harus’a kunci jawaban ada yg boleh dan ada yg gak boleh d’kasih tau…..
    ttp lebih baik klo d’beri tahu cara2′a……..
    oke………..

  47. Payah kali y nyari bocoran MTK ini,,,,,,,SUSAH,,,,,,Banget * !!!!!!!
    Kalau ada bocoran nya y pasti aku rengking Satu,,,,,,,,AMIN…..!!!!!!!!

  48. Pagi Mas Agus, kalau UNAS thn ini benar2 bisa boocoor lagi, seharusnya mentrinya MUNDUUUR, dan hara kiri; lihat saja berita hari ini, katanya di percetakan soal saja, begitu banyak pegawai percetakan yang leluasa lalu lalang dengan bebas (berita Jawa Pos halaman 29 tgl 12 April dengan judul besar : Pencetakan Naskah Unas Tidak Steril), Yah sekalian bocooorkan saja secara nasional, kaciaan para pengawas, biar hancur-hancuran !

  49. Salam P Hussain,

    Memang begitulah situasi negara kita.
    Hanya doa yang dapat kita panjatkan.
    Semoga Indonesia masih bisa terselamatkan.

    Terima kasih…

  50. tnang aj, UN gk usah dipikiri bgt, krna kunci utama lulus tu blajar, brdoa dan berkeyakinan>>>> klo bocoran-bocoran gini ni jadiin urusa sampingan aj. gue aj mw UN gini gk prnah lupa maen

    by; Ridho :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s