Bisnis Franchise Indonesia Belajar dari Mc Donald dan Kumon

Belajar adalah suatu kegiatan yang sangat bernilai tinggi. Untungnya, saya selalu gemar belajar. Meski pun biaya belajar tidak selalu murah. Wajar saja kita berkorban demi sesuatu yang berharga: belajar.

Kali ini, mari kita belajar bisnis franchise (waralaba) dari para pendahulu kita. Dalam sejarah bisnis franchise paling sukses adalah Mc Donald. Sedangkan bagi saya yang bergerak di bisnis franchise kursus matematika APIQ contoh paling relevan adalah bisnis franchise kursus matematika Kumon.

Saya sendiri juga banyak belajar dari bisnis franchise matematika – atau lebih tepatnya alat aritmetika/aritmatika – asal Indonesia. Kita pernah dibuat kagum dengan suksesnya bisnis franchise sempoa di Indonesia. Seperti kita tahu banyak bisnis ini tidak bertahan lama.

Kemudian kita dibuat kagum dan bangga dengan bisnis franchise kursus jarimatika. Saking suksesnya, nama jarimatika menjadi ambigu. Kadang orang menyebut sebagai jarimatika padahal bukan jarimatika.

Tentu kita berharap, saya berharap, bisnis franchise matematika di Indonesia semakin berkembang.

Mari sedikit belajar dari bisnis franchise Mc Donald.

1. Terus berinovasi. Mc Donald terus berinovasi dengan menu-menu baru mau pun jasa baru. Kursus matematika APIQ juga senantiasa terus berinovasi. Inovasi-inovasi mutakhir dari matematika kreatif APIQ dapat kita ikuti melalui blog APIQ.

Kita menyayangkan bahwa franchise sempoa yang pernah sukses akhirnya redup karena kurangnya inovasi. Saya perhatikan masih ada beberapa kursus sempoa yang maju yaitu mereka yang berinovasi.

2. Pantang menyerah. Meski Mc Donald pada sepuluh tahun pertama telah berhasil membuka lebih dari 100 cabang tetapi secara keuangan Mc Donald mengalami kerugian. Mc Donald pantang menyerah. Sampai akhirnya Mc Donald menemukan cara bertumbuh sekaligus menguntungkan.

Pelajaran ini memberi inspirasi sangat berharga bagi APIQ. Bagaimana pun kami di APIQ pantang menyerah untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Secara pribadi, saya sendiri termasuk orang yang pantang menyerah. Demikian pula APIQ sebagai sebuah sistem bisnis franchise juga pantang menyerah.

3. Dedikasi penuh. Tidak tanggung-tanggung Mc Donald meminta para mitranya untuk mendedikasikan waktu sepenuhnya selama 20 tahun untuk menangani bisnis franchise Mc Donald. Benar-benar sangat inspiratif!

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s