Mudah dan Asyik Menentukan KPK dan FPB dengan Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif APIQ

Hampir dalam setiap seminar, para guru dan orang tua selalu menanyakan,

“Bagaimana cara mudah menghitung KPK dan FPB?”

Seperti biasanya, saya merespon dengan biasa-biasa saja. Sampai suatu saat Paman APIQ menegur saya.

“Masalah KPK dan FPB bukanlah masalah biasa. Itu adalah masalah serius!” kata Paman APIQ.

“Lalu…?” saya bertanya.

Paman APIQ diam saja. Saya mulai memahami maksud Paman APIQ. Pasti Paman APIQ menginginkan agar saya menulis tentang cara menentukan FPB dan KPK yang mudah dan asyik.

Ilmu semakin kita bagi maka akan semakin berkembang. APIQ memegang prinsip untuk terus berbagi ilmu. Mari kita cerdaskan kehidupan berbangsa dengan berbagi ilmu.

Untuk dapat menulis FPB dan KPK yang asyik tentu saya perlu bertemu dulu dengan Al, Geo, Meti. Mereka adalah anak-anak lucu yang kreatif dan banyak ide.

Khususnya bagi Al yang masih kecil, tentu tidak mudah mengenalkan FPB KPK dengan pendekatan faktorisasi prima. Saya perlu berinovasi untuk mencari cara mudah menentukan KPK dan FPB.

Akhirnya saya menemukan…sebuah cara yang indah. Saya menyebut cara ini sebagai BINTANG HATI.

Contoh:
Tentukan FPB dan KPK dari

24 dan 18

Jawab:

Faktor-faktor
24: 12, 8, 6, 4, 2
18: 9, 6, 3

FPB = 6
KPK = 6 x (4×3) = 72 (Selesai).

Maksudnya?
Mari kita ulangi dengan contoh lagi.

Tentukan FPB dan KPK dari
24 dan 30

Jawab:
24 = 6×4
30 = 6×5

FPB = 6
KPK = 6 x (4×5) = 120 (Selesai).

“Aku tahu polanya…!” Geo berteriak gembira.

Tentukan FPB dan KPK dari
50 dan 75

Jawab:
50 = 25×2
75 = 25×3

FPB = 25
KPK = 25 x(2×3) = 150 (Selesai).

“Aku bisa….” Meti melompat gembira.
Al memang masih kecil. Kemudian Al melompat-lompat.

“Bagaimana Al?”
“Hore…aku hampir bisa…!” Al juga bergembira.

Mereka terus bergembira bermain-main matematika kreatif. FPB KPK yang biasanya dianggap paling sulit menjadi sesuatu yang lebih mudah… lebih masuk akal.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

59 responses to “Mudah dan Asyik Menentukan KPK dan FPB dengan Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif APIQ

  1. Ping-balik: Mudah dan Asyik Menentukan KPK dan FPB dengan Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif APIQ | Update Blog Terbaru·

  2. Ping-balik: Mudah dan Asyik Menentukan KPK dan FPB dengan Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif APIQ | Update Blog Terbaru·

  3. ajari saya donk cara menentukan FPB DAN KPK soalnya saya butuh untuk skripsi.sekalian saya mau minta tolong kirim refrensi tentang FPB DAN KPK. maaf dah lancang….
    sebelumnya saya berterima kasih

  4. apa anak gak kesulitan menentukan faktor tertinggi dari kedua bilangan tersebut ?
    seperti fpb dari dari 50 dan 75 dapat menemuka bilangan 25, atau fpb dari 24 dan 30 ketemu bilangan 6?, atau memang anaknya harus cerdas berarti.

  5. cerdas!!! ayo cari yang lainnya untuk mempermudah siswa. matur nuwun sanget

  6. tolong rumus kpk dan fpb dengan tabel untuk anak saya bilangannya ada 3.misal 36,42,56.senin depan udah uts.makasi sblumnya.

  7. cara tersebut emng lbh mudah dipahami. namun menurut saya jika anak diajarkan dg cara seperti itu (palagi tuk anak SD), maka perkembangannya tidak sehat. karna ada hal-hal yg terlewat yg seharusnya dia dapatkan, misalnya dalam hal ini faktorisasi prima… dan sy liat ksus sprti inipun bnyk dijumpai . anak lbh senang memakai cara instan dlm mengerjakan soal mtka, tnp mempedulikan prosesnya. shngga kmampuan pemahaman konsep, pemecahan mslah dan komunikasi matematik anak rendah. berkaitan dg “inovatif” dan “kreatif”,,, mgkin lbh ke arah model/metode pmblajarannya, jd bgaimana guru menyajikan pmbljrn shg siswa dpt lebih mudah memahami materi dan merasa senang bljr matematika. dan yg trpnting adalh bgaimna pmbljran trsbt bs ‘bermakna’ bgi siswa (diingat terus smp kpnpun). thanks!

  8. good,tpi menurut saya lebih mudah menentukan KPK dan FPBnya dengan cara pohon faktor karena anak akan dapat menentukan faktor bilangan dengan cepat,,yang sulit dengan metode ini adalah penentuan faktor bilangan,,bayangkan jika ada soal dengan 3 bilangan,maka akan lebih sulit menetukan faktor bilangannya,dan penyelesaiannya..
    mudh2n kritikan saya bisa membangun dan menjadikan kita lebih baik lagi dalam mendidik anak didik kita,,trimsss…

  9. Di Indonesia itu cari yang susah-susah,anak2 nanti kalau sudah besar apakah rumus itu di pakai?yang di pakai kan Rp20.000xRp 25.000=Rp 600.000.apakah di amerika hal demikian masih di ajarkan?terimakasih….soalnya saya saja sudah lupa tu rumus hehehe

  10. kok rumusnya saya coba pake gak cocok yach.padahalsudah sy coba berkali-kali. kl mencari fpb dan kpk dari 90,150,dan 120 berapa pak,thanks.

  11. ADA SATU KELEMAHAN DARI RUMUS PRAKTIS SETELAH SAYA TELITI.
    misal carilah FBP dan KPK dari 12 dan 20
    12 = 2×6
    20 = 2×10
    FPB = 2
    KPK = 2x(6×10)
    = 120
    pdahal seharusnya KPK nya 60 bukan 120.
    mohon penjelasan.apa saya yang salah….

  12. intinya di soal ini tuh kita ambil perkalian paling terkecil jadi bisa ketemua jawabannya . misalkan fpb dan kpk dari 20 dan 32 jadinya kan fpb : 4 , kpk : 4 x 5 x 8 : 160

  13. KPK DAN FPB 12 DAN 20
    12= 1X12 20=1X20
    2X6 2X10
    3X4 5X4
    JADI FPB 12 DAN 20 ADALAH:
    FAKTOR12= 1,2,3, 4, 6,12
    FAKTOR20=1,2,5, 4, 10,20
    JADI FPB NYA ADALAH 4 ( KARENA 4 ADALAH ANGKA YANG SAMA DARI FAKTOR 12 DAN 20
    KPKNYA ADALAH:
    12 20 JADI KPK ADALAH 2X3X2X5 = 60
    2 6 10
    3 2 10 FPB NYA ADALAH 2X2 = 4
    2 1 5
    5 1 1
    PENJELASAN LEBIH LANJUT HUBUNGI SAYA 08124175536
    GRATIS DEMI PENDIDIKAN ANAK ANAK INDONESIA

  14. Kpk dari 12 , 24 ,48 I (:12)
    1, 2, 4 I (:1)
    jadi KPK nya 1x2x4x(12) = 96
    Dengan faktorisasi prima
    12 = 2^2 x 3
    24 = 2^3 x 3
    48 = 2^4 x 3
    konsep : Ambil semua faktor, jika faktor yang sama memiliki pangkat berbeda, ambillah faktor yang pangkatnya terbesar.
    jadi KPK nya 2^4 x 3 = 48
    Kok beda yah bisa dijelaskan pak, supaya tidak salah persepsi antara saya dengan bapak atau pembaca lainnya.

  15. Maksud metode coret adalah coret yang sudah terwakili.

    Contoh tentukan KPK

    2, 4, 6, 8.

    Maka coret saja 2 dan 4 yang merupakan faktor dari 8, so KPK 6 dan 8 adalah 24. (Selesai).

    Kita tidak perlu memperhitungkan 2 dan 4. Lebih mudah dan cepat.

    Salam…

  16. untuk menambah ilmu pengetahuan kena nggak, saya suka dengan metode ini.
    trimakasi atas sumbangan ilmu nyah semoga qt bisa amenjadi orang2x yg bermanfaat bg sesama n trus belajar mencari kesalahan diri sendiri untk trus maju menjadi lbh baik, SEMANGAT

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s