Cara Cepat Menghitung Pecahan Persen dan Diskon

Sekali lagi Paman APIQ memotivasi saya agar menulis cara cepat berhitung pecahan persen. Tadinya saya merasa ragu. Bukankah menghitung persentase adalah sesuatu yang sederhana?

Saya harus mengakui bahwa Paman APIQ lebih banyak benar dalam menasehati saya. Akhirnya saya berkesempatan langsung menyaksikan kebenaran nasehat Paman APIQ.

“Wah…kalau begini caranya ya sangat mudah dong menghitung persen!?” kata Pak Yus kagum.
“Apa maksudnya Pak?” Meti malah balik tanya.
“Ini, buku punyamu ini, cara menghitung persennya sangat mudah!”

Meti melihat buku yang dimaksud itu. Buku tersebut adalah buku tulisan saya yang sudah saya tulis lebih dari lima tahun lampau. Saya heran sekaligus senang karena tulisan saya yang sudah bertahun-tahun itu ternyata bermanfaat.

Dalam buku tersebut saya membahas beberapa teknik berhitung cepat persentase.

Contoh:
Tentukan 25% dari
a. 8.000
b. 9.000
C. 24.000

Cara yang sering kita pelajari untuk menghitung persen adalah:
1. Mengubah 25% menjadi 25/100
2. Mengalikan 25/100 dengan yang kita inginkan.

a. 25% dari 8.000 =
25/100 x 8.000 =
200.000/100 =
2.000 (selesai)

Masalahnya dengan cara di atas adalah kita jadi berurusan dengan bilangan atau angka yang sangat besar. Kadang anak-anak memikirkan angka yang besar saja sudah merinding.

Tips yang saya berikan dalam buku saya itu adalah menganggap 25% = 1/4. Sedangkan perkalian dengan 1/4 sama artinya dengan membagi dengan 4.

a. Tentukan 25% dari 8.000 =
8.000 : 4 = 2.000 (Selesai).

b. 25% dari 9.000 =
9.000 : 4 = 2.250 (Selesai).

c. 25% dari 24.000 =
Ya…tentu Anda tahu,
6.000 (Selesai).

Bagaimana dengan menghitung 50%?
Dengan pemikiran yang sama, 50% = 1/2.
Perkalian dengan 1/2 sama artinya dengan pembagian dengan 2.

Bagaimana dengan perhitungan harga diskon?
Tentu itu akan menjadi sebuah ide yang menarik.
Silakan mencobanya…!

O ya…judul buku saya yang di atas adalah APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif.

Selamat bersenang-senang dengan matematika.
Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

196 responses to “Cara Cepat Menghitung Pecahan Persen dan Diskon

  1. boleh saya bantu paman apiq?

    bwat patricia
    kalo 1% = dua kali 0,5%
    beratri 95 = 2 kali 4,75
    atau 95 / 2 = 4,75
    = 1% / 2 = 0,5%

    kalo buat stefanie
    di sederhanain aja
    kalo 70 % = di kali

  2. boleh saya bantu paman apiq?

    bwat patricia
    kalo 1% = dua kali 0,5%
    beratri 95 = 2 kali 4,75
    atau 95 / 2 = 4,75
    = 1% / 2 = 0,5%

    kalo buat stefanie
    di sederhanain aja
    kalo 70 % = di kali 7 di bagi 10
    kalo 30 brarti di kali 3 bagi 10

  3. saya selalu tertarik pada matematika, khususnya mengenai masalah persen ini…

    bagaimana klo ada pertanyaan

    7% x 200 = … ?

    terlihat rumit yah ? padahal ada cara yang sangat mudah untuk menghitungnya…

    Tahukah Anda bahwa untuk menghitung persen, kita bisa melakukan teknik “flip”?
    Maksudnya, a% x b = b% x a

    jadi, 7% x 200 = 200% x 7 <– yang ini pasti lebih mudah dihitungnya kan ???

    Salam,

    Nurahmah

  4. misalkan ada kasus begini:

    – 2.000.000 – 2,5% = 1.950.000
    – 1.950.000 + 2,5% = 1.998.750

    bagaimana cara supaya:
    a – b = c
    c + b = a

  5. hehehehe…. sepertinya membingungkan yah…
    jelas saja hasilnya tidak sama, karena 2,5% pada soal pertama TIDAK SAMA dengan 2,5% pada soal kedua…

  6. Numpang tanya:
    1. rumus mudah dari 10% & 5% bagaimana?
    2. Dalam zakat ada “….zakatnya sepersepuluh/….Zakatnya seperempat perpuluh”, bgaimana rumus yg mudah utk itu? Mumet aq :-(

  7. kalo menghitung 10 % ya tinggal bagi sepuluh saja…
    kalo 5 % berarti bagi dua dulu trus bagi sepuluh atau sebaliknya..

    10 % dari 123.456.789 = 12.345.678,9
    5% dari 246.824 = 12341,2

  8. dalam hal ini saya sering menggunakan analogi yang sama dengan bapak…karena waktu saya sekolah guru saya ketika mengajar sering pintar sendiri… jadi deh..saya ngehhh teorynya trlambat. (terpikirnya jauh setelah pelajaran itu berlalu jauh.. he he he)

  9. sebuah mobil laku di jual dengan harga Rp.33.600.000,00. Dari hasil penjualan itu di peroleh ke untungan 12%.Harga pembelian mobil tersebut adalah ??????? mohon bantuan nya …

  10. Terima kasih Deva,

    Masih ada dua penafsiran dari 12% tersebut.

    Apakah 12% terhadap harga beli atau 12% terhadap harga jual?

    1. Anggap 12% terhadap harga beli B.

    Maka harga jual = Harga beli + 12%
    =100% + 12%
    = 112%

    Jadi,
    33,6 = (112/100) B
    B = (100/112) x 33,6

    2. Angggap 12% terhadap harga jual.

    Harga beli = B = 100% – 12% dari harga jual
    B = 88% x harga jual
    = 88/100 x 33,6

    Semoga bermanfaat…
    Salam….

  11. for hervind…. 1/2 dari 95 tuh 47,5 bukan 4,75
    coba lebih teliti lg…
    wah,,,saya suka bgt neh dengan forum diskusi mtk neh,,bisa bagi” ilmu,,
    tolong kalo ada informasi tntg mtk yang bisa di diskusikan, saya minta di beri tahu ke fb saya alamatnya dechalamda@yahoo.com..
    trimzz wat smua yahhh

  12. Kalau menghitung prosentase yg sudah terdapat dalam harga bagaimana yah ???
    contoh:
    harga barang Rp. 1.500.000 didalamnya sudah termasuk ppn 10%…

    Tolong donk… pusing nih dah lama ga belajar matematika :(

    • buat widuri.
      bagi aja 1500.000 dengan 10. kurangin dah harga barang dengan hasil pembagian.
      hasilnya:
      a) rp.1.500.000,- /10 = rp. 150.000
      b) rp 1.500.000,- – 150.000 = rp 1.350.000,-
      okay!

  13. Slamet Pagi, hanya ttg hitung persen sederhana sdh banyak yang bingung, apalagi hitungan tetntang bunga majemuk, menghitung Anuitas pinjaman, masalah flat rate dan anual rate secara menurun, menghitung rate of return dan berbagai hitungan dalam bisnis asuransi, hal ini perlu Mas Angger kembangkan, Wass

  14. bpk/ibu yth, saat ini sy blm da yg ditanyakan, hanya sapaan pertama sy @link ini. tp mgkn dlm wkt dekat sy mau bertanya keuntungan sy dri sekian rupiah dikurangi 20%. tlg dijawab yua…
    ty, mpick methamorfosis’13

  15. mau tanya kalau cara menghitung yg paling cepat
    dari Suatu barang dijual dengan diskon 35%
    Harga Jualnya adalah Rp.9.750.000
    berapa harga awal sebelum diskon ???

  16. mav, sya mengjar di sebuah SD di daerah saya. mslahnya ada siswa sya yang msie binun menggunakan cara cepat yang saya terapkan dari diskusi ini. tolong mohon bantuannya. agar menerangknnya lebih simple kpda murid didik saya.

    terima kasih

  17. Salam Calon Guru,

    Silakan coba baca-baca lagi tulisan lain yang berhubungan dengan persen di situs ini juga. Semoga dapat membantu.

    Atau silakan berbagi lebih rinci masalah atau kesulitan siswa Anda. Semoga kita juga dapat membantu.

    Salam hangat,

  18. pak minta terima kasih ya pak materi yg di tampilkan
    walaupun dikit tp memuaskan
    pak minta maaf saya sudah mengkopinya
    doain pak gar aku jd Guru matematika yang baik

  19. maaf sy mu tanya klo perhitungan prosentase kenaikan harga bagaimana ya?
    contoh Harga awal 1.200.000 naik menjadi 1.250.000, bagaimana cara htung
    prosentasenya.

  20. Kenaikan harga 1.250.000 – 1.200.000 = 50.000

    Persen terhadap harga awal,

    50.000/1.200.000 = 4,167%

    Persen terhadap harga akhir,

    50.000/1.250.000 =4%

    Salam…

  21. kalau cara ngitung persentase diskon gimana ya?

    misalnya harga barang Rp.10.100 kemudian didiskon jadi Rp.10.000,

    bagaimana cara menghitung berapa persen diskon yang diberikan?

    thx

  22. Numpang promosi . . . . . . . . . . .. . ..UI is the best ,, number one.. … …….hehehehehehheheheheheheheheheheheh

  23. tolong gimana mencari persentase
    jumlah murid seluruhnya 37 jika 26 murid yang lulus 11 murid yang tidak lulus berapa persen murid yang lulus dan yang tidak lulus ?
    terima kasih atas jawabannya.

  24. ass ww, mhn sy diajarin untuk memberi pengertian kepada anak sy yg kelas 5 SD utk soal pecahan ini : 2/3-5/6-7/4 = (soal KPK pengurangan pecahan berurutan)

  25. tolong dibantu yaa, mau nanya..kalo ada pernyataan penjualan akan meningkat 20% menjadi Rp.30.000.000, pertanyaannya, berapa harga penjualan sebelum meningkat 20%. Terima kasih.

  26. kk aku siswa kls lima nih aku mau tanya ini gimana yaaah?
    25% dari 45.000.00 itu sama dengan berapa ribu yaaa?
    tolong ksh tau jawaban+cara nya yaaa heheehehe

  27. klo harga barang 10.000 merupakan harga yang telah didiskon 10%, cara menghitung harga sebelum diskonnya gmn ya???klo pake 10.000 : 90% hasilnya 11.111,111111 jdnya gak pas………mohon bantuannya………

  28. buat lukman rumusnya 10% berarti tinggal 90% jadi 100/90 dikali harga jual=11.111 ya rumus kamu benar juga ilangin aja semua angka di belakang koma ke dua

  29. mau tanya buat menghitung kelulusan siswa dengan :
    jumlah siswa : 42

    yang lulus : 35
    tidak lulus : 7
    saya mau tanya cara menhitung persentase yang lulus dan yang tidak lulus dari 42 (100%) siswa tersebut?

    trims.

  30. Ping-balik: Cara Cepat Menghitung Pecahan Persen dan Diskon « nonk81·

  31. Assalamualaikum Wr.Wb,

    Bisa tolong bantu saya bagaimana rumus untuk mengetahui porsentase pertambahan nilai?
    Misalkan:
    Harga A: Rp. 2.577.500, sedangkan Harga B: Rp.2.727.500

    Bagaimana rumus untuk mengetahui porsentase kenaikan dari harga A ke harga B?

    Terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang diberikan.

    Wassalam,
    febyadi

  32. tlong dong yang ngerti…
    ada 74 orang..
    diambil sample 5 orang; 3 orang punya blog , 2 orang ngga..
    cara itung persenya gmn ya?

  33. ada pertanyaan nih bingung asumsinya gimana….
    soalnya adalah :
    pak rizal menjual barang dagangannya seharga Rp 230.000,00 dengan harga itu pak rizal mendapat untung 15%. Harga beli barang itu adalah?
    asumsi dari pertanyaan di atas adalah bunga keuntungannya dari harga beli ataukah harga jual?

    • cara anak SD begini..penyebutnya adalah 30 harus dijadikan 100. sehingga 30 x 100/30 = 30×3.33= 100
      pembilang (4) juga dikalikan 3.33 = 13.33
      jadi 4/30 = 13.33/100 = 13.33 %

  34. saya mau bertanya, seorang pedagang sawo membeli 1000 sawo dengan harga 150/buah, lalu dia menjualnya dengan harga 180/buah, berapa persenkah ke untungan dia?

  35. tlng bantuin q ngitung untuk soal ini.
    numpang tanya ada soal dri guru les sperti ini:
    amir membeli telur seharga 12.000 per kg
    lalu dijual kembali dengan mengambil keuntungan 3000
    berapa harga jualnya ?
    dan berapa persen keuntungannya?
    { tolong sm caranya ya }

  36. Keuntungan/harga beli x 100 = 3.000/12.000×100 = 300.000/12.000 = 300/12 = 25 %
    Harga jual = harga beli + keuntungan = 12.000 + 3.000 = 15.000

  37. ukuran standar komponen adalah 120 cm,dan toleransi 5%,berapa panjang maksimal dan panjang minimal yang masih di ijinkan

    jawab max=
    min=

    gimana cara ngitungnya ,saya ga ngerti

  38. 10.000 – 15 % = 8500
    dari 8500 kalau mau dapat 10.000 lg caranya?
    kalau 8500+15% = salah
    kalau 8500*15% = salah
    mohon bantuannya?
    thx

    • halo , maksud gua rumus dari 15 % untuk penambahan sama pengurangan
      contoh
      10000-15% = 8500
      15%= 1500
      dari 8500 rumusnya untuk bisa dapat 10000 pakai cara apa?
      kalau kita pakai 8500+15% = 9775 , selisih 225.

  39. Halo Daud,

    Caranya seperti yang di atas itu.

    Diketahui
    85% = 8.500

    Ditanya:
    100% = …?

    Dijawab:

    100% = (85% : 85) x 100
    = (8.500:85) x 100 = 10.000 (Selesai)

    Jadi memang dalam contoh ini kita memakai perkalian dan pembagian.
    Kamu juga bisa cek kembali.

    85% = 8.500
    15% = 100% – 85% = 10.000 – 8.500 = 1.500

    Semua persen dihitung terhadap 100% = 10.000.
    Tentu akan berbeda jika kamu menghitung persen terhadap 8.500.
    Misal

    15% x 8.500 akan beda dengan 15% x 10.000
    Ayo… kamu pasti bisa!

    Salam…

    • mohon penjelasan nya
      10.000 + 10% = 11.000
      10.000 X 1,1 = 11,000
      rumus perkalian kita pakai 1,1 untuk perhitungan 10%, 1,1 ini dari mana asalnya? kenapa mesti pakai 1,1 ?

  40. Minta bantuannya.. modal di serahkan pd Bank sebesar Rp.1000 selama 3thn, dgn bsar bunga 30% per thn, brp uang yg akan di terima stlh 3thn ?

  41. Seorang pedagang buah membeli 1.000 buah sawo
    dengan harga Rp. 150.000,00. Ia menjual sawo itu Rp.
    180,00 per buah. Berapa % untungnya ?
    Tolong di jwb ya…

  42. Harga beli 1 sawo = 150.000 / 1.000 = 150
    Harga jual 1 sawo = 180

    Untung 1 sawo = 180 – 150 = 30

    Persen untung (terhadap harga beli) = 30/150 x 100% = 20%

    Salam…

  43. saya mau tanya hasil penjualan 8.500.000 dibagi makelar 3.500.000 pertanyaan saya berapa persen yang di bagi makelar

  44. selamat sore,saya mau tanya cara menghitung persen dari contoh dibawah ini:
    jumlah toko 109, dan toko yang di jelajahi oleh sales sebanyak 45 toko.maka jumlah toko yang belum dijelajahi sebanyak 64 toko..yang ingin saya tanya berapa persen dari toko yang dijelajahi dan yang belum dijelajahi dari 109 toko tersebut???????????

  45. selamat sore,saya mau tanya cara menghitung persen dari contoh dibawah ini:
    jumlah toko 109, dan toko yang di jelajahi oleh sales sebanyak 45 toko.maka jumlah toko yang belum dijelajahi sebanyak 64 toko..yang ingin saya tanya berapa persen dari toko yang dijelajahi dan yang belum dijelajahi dari 109 toko tersebut???????????

    terima kasih

  46. Salam…

    3.500.000/8.500.000 x 100% = 41,18%

    45/109 x 100% = 41,28 %
    64/109 x 100% = 58, 72%

    5 juta x 1,87 % = 93.500

    4.548.188 x 100/4,75 = 95.751.326

    Terima kasih…

  47. sejumlah uang diinvestasikan dgn jumlah 15% berkembang menjadi 43 jt. apabila diinvestasikan dgn tingkat suku bunga sederhana 12%,uang trsebut berkembang menjadi?
    a.berapa nilai uang diinvestasikan
    b.berapalama waktu investasi

    m’hon bantuan penyelesaian nya ya..penting banget..

    • Untuk Rangga,
      420.000 – 380.000 = 40.000
      40.000/420.000 x 100% = 9,5%.

      Untuk ANita,

      Asumsikan 43 jt adalah sudah mendapat tambahan 15%

      43 jt = 115%

      a. Uang diinvestasikan = 43 x 100/115 = 37,39 jt.

      Bila didinvestasikan dengan bunga 12%

      37,39 jt x 112% = 41,88 jt

      b. bisa diperjelas waktu untuk apa ya?

      Terima kasih…

    • =(104.000.000 – (30/100)X104.000.000)-BIAYA SERVICE
      = (104.000.000. – 31.200.000)-5.000.000
      = 72.800.000 – 5.000.000
      =67.800.000
      Jadi Harga Awal adalah Rp. 67.800.000,-

  48. =(104.000.000 – (30/100)X104.000.000)-BIAYA SERVICE
    = (104.000.000. – 31.200.000)-5.000.000
    = 72.800.000 – 5.000.000
    =67.800.000
    Jadi Harga Awal adalah Rp. 67.800.000,-

  49. saya ibu darma di palemban pencinta togel ingin mengucapkan banyak terima
    kasih kepada ki jikrosonto berkat bantuang aki memberikang angka goib
    hasil ritual yaitu 2d.3d.4d.dulu saya penjual kue keliling dan pendapatang sehari cuma 20ribu
    dan waktu itu saya menghubungiki jiikrosonto untuk meminta angka goib saya cuma
    bermodal 100ribu dan aki memberikang angka 4d yaitu 4439 dan alhamdulillah benar2 tembus
    dan saya menang 250 juta dan alhamdulillah semua utang2 keluarga saya di BANK BRI suda pada lunas semua
    dan sekarang saya dan keluarga sudah bisa buka usaha sendiri bagi anda yang mau meruba nasib anda
    dan mau dapatkan angka goib sperti saya 2d 3d 4d hubungi ki jikrosonto di nmr 082-357777506 di jaming 100% tembus
    insya allah

  50. si A pinjem uang di KSP sebesar 10.000.000 dg bunga 0,2% yg akn di lunasi 12 bulan….
    brp yg hrs di bayar si A perBulannya….
    mohon bantuanya….

  51. Maaf prtnya sy ralat kalau 30% dari 100 itu yg benar brp? 30 atau 33,3? ini berkaitan dg perdebatan Prof. Yusril dan hakim MK. Prof Yusril bilang yg benar 30 tp kata hakim MK 33,3. Mhn jwbnnya thanks.

  52. pak mau bertanya bgmn cara menyelesaikan soal sperti ini: Selvi menabung di bank dengan bunga 25 % per tahun. Jika setelah 3 tahun tabungannya menjadi Rp. 7.500.000,00. Maka tabungan Selvi mula-mula sebesar?
    trims

  53. terimakasih pak. tp masih kurang mengerti, apa bedanya bunga sederhana dengan bunga majemuk. jd jwbnya pakai cara dgn bunga sederhana atau bunga majemuk? lalu tanda kutip(^) maksudnya apa pak? maaf pak sblmny krn msh krg mengerti. hehe. trims

  54. Salam…
    Tanda kutip(^) maksudnya adalah pangkat.
    3^2 = 3.3 = 9
    3^3 = 3.3.3 = 27

    Umumnya pakai bunga majemuk. Tetapi untuk siswa SD kadang pakai bungan sederhana. Dalam kehidupan sehari-hari pakai bungan majemuk.

    Terima kasih…

  55. Jaw. Untuk Harry
    misalkan ada kasus begini:

    2.000.000 – 2,5% = 1.950.000
    1.950.000 + 2,5% = 1.998.750

    bagaimana cara supaya:
    a – b = c
    c + b = a
    Caranya begini Mas Bro : 100%-2.5%=97.5%
    1.950.000 : 97.5 X100 = 2.000.000,-

  56. Tolong dibantu berapakah 10% dari plafon Rp. 15.000.000,? katanya ada yang bilang 15.000.000 tinggal dibagi 11 aja, kalau bnar bisa dibagi angka 11 itu angka 11nya didapat darimana ya dan bagaimana hitunganya dari 10% bisa menjadi 11?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s