Cara Berhitung Cepat Pembagian dan Perkalian

Entah karena semangat atau karena sedang marah, Paman APIQ berjalan dengan cepat sambil membawa tumpukan kertas. Tampaknya Paman sedang mencari-cari tiga bocah kecil Al, Geo, dan Meti.

“Lihat nih…!” dengan nada ketus Paman APIQ menyodorkan tumpukan kertas ke atas meja.

Al, Geo, Meti, diam saja. Mereka sedikit melirik tumpukan kertas itu. Terlihat beberapa tulisan tentang matematika.

1842 : 6 = …. = 37
3236 : 4 = …. = 89
5463 : 9 = …. = 67
6448 : 8 = …. = 86
4949 : 7 = …. = 77

“Hihihi….hiks….” Meti cekikikan.

Al dan Geo mau ikut cekikan tetapi takut karena tidak tahu pasti mengapa Meti bisa cekikikan begitu.

“Ada apa Meti !?” Paman APIQ bertanya dengan tegas.
“Lucu Paman…”
“Apanya yang lucu…!”
“Ya…itu…pekerjaan matematika itu!”

Al dan Geo buru-buru melihat pekerjaan matematika yang ada di tumpukan kertas itu….

1842 : 6 = …. = 37
3236 : 4 = …. = 89
5463 : 9 = …. = 67
6448 : 8 = …. = 86
4949 : 7 = …. = 77

“Oooo….Hihihi….hiks….” Geo ikut cekikikan.
Al makin penasaran saja. Meski tidak tahu pasti, Al ikut-kutan cekikan saja.

“O….o….hihihi….” Al cekikan dengan ragu-ragu.

Tiba-tiba Al tertawa dengan sekeras-kerasnya,
“Huahaha…hahaha…haha….!”

“Tenang….! Semuanya tenang dulu,” Paman APIQ melerai suasana.

“Soal matematika tadi bukan dikerjakan oleh anak SD. Tetapi dikerjakan oleh anak SMP dan SMA. Hasilnya? Ya… seperti itu.”

“Mungkin mereka terburu-buru, Paman,” Meti membela diri sebagai seorang siswa.

“Mungkin saja mereka terburu-buru. Tetapi tetap saja tidak boleh melakukan kesalahan semacam itu.”

“Aku bisa menebak mengapa mereka salah…!”
“Apa itu?” tanya Paman APIQ.

4949 : 7 = …. = 77

Sepertinya jawaban di atas benar. Apalagi sedang buru-buru. Karena dapat kita lihat bahwa 49 : 7 = 7,
maka 4949 : 7 = 77.

Tetapi jawaban kita ini salah.

Seperti yang telah Paman APIQ jelaskan tentang pembulatan, mari kita uji dengan pembulatan:

77 x 7 = ….?

bulatkan menjadi

77 x 10 = 770

770 terlalu jauh dengan 4949 kan?

Paman APIQ telah mengajarkan kita bahwa kita dapat menggunakan berbagai istilah dengan kreatif.

200 kita baca dua ratus
400 kita baca empat ratus
1000 kita baca sepuluh ratus
4900 kita baca empat puluh sembilan ratus
dan seterusnya…

4949 kita baca empat puluh sembilan ratus empat puluh sembilan.

Maka
4900 : 7 = 700
49 : 7 = 7

Jadi

4949 : 7 = 707.

Contoh:
5463 : 9 = …

54 ratus : 9 = …
63 : 9 = …

5463 : 9 = …. = 607

Contoh:
4249 : 7 = … = 607
2436 : 4 = ….
3515 : 5 = ….
6432 : 8 = ….

(Jawab: 804, 703, 609)

Akan lebih menarik juga bila bermain dengan perkalian di atas.

Contoh:

705 x 4 = … = 2820

7 ratus x 4 = 28 ratus
5 x 4 = 20

maka 705 x 4 = 2820

Contoh:
607 x 8 = …
409 x 4 = …
808 x 8 = …

(Jawab: 6464, 1636, 4856)

Paman APIQ tampak bangga dengan penjelasan dan pemahaman Meti terhadap konsep aritmetika dan matematika. Al dan Geo juga terkesima dengan penjelasan Meti.

Salut untuk Meti, Al, dan Geo…!

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

105 responses to “Cara Berhitung Cepat Pembagian dan Perkalian

  1. permisi orang begok mw nanaya nieh….
    jgn di ketawain yach….

    klo pembagi /pengalinya lebih dari satu angka ataw puluhan gmn?
    ex: 607 x 80=…. n 5463:60=……

    kasi cara yang paling mudah yach…. Thanks b4

  2. klo boleh aq jawab pertanyaan di atas, tpi ini menurut filing ku aja lo klo salah ya maap
    607 X 80 = ……..
    600 X 80 = 48 ribu
    7 X 80 = 560
    sehingga hslnya jadi 48560 karena perkalian 3 dijit dg 2 dijit hasilnya adl 5 dijit angka

  3. alah gug usah pake cara cepat menghitung mtk cukup dengan kalkulator jga dah ketemu hasilnya. bagi anak2 sembunyiin kalkulatornya jika ulangan mtk

    • ya setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!
      slagi ad yg mdh knpa mw cri yg ssh
      tp jk kt brhtung dgn mnggnkn kmmpuan tnpa kalkulator rsa nya bsa lbh mnyenangkan

  4. Salam buat Kak Apiq. Tlg Kak berikan Cara yang paling Mudah Tentng perklian dan Pembagian utk anak SD Dari Ratusan kali Ratusan dan Ratusan Kali Puluha. Maksih Ya Kak?

  5. kaa aku mintaa ajarin dong caraa plaing mudah pembagian dan perkalian .
    kak aku jga minta knci jawaban dong bwat nnti aku lulus ke smp …
    makasih yah ?

  6. Artikel ini sangat membantu sekali untuk belajar matematika,padahal saya tidak suka pelajaran matematika tp setelah baca artikel ini rasanya belajar matematika mengasikan juga.terima kasih ya atas Ilumnya

  7. saya mah udah tau cara pembagian bgini , tetapi pembagian penurunan saya belum tahu. tolong kasih tahu dunk pembagian penurunan nya

  8. 1842 : 6 = …. = 37
    3236 : 4 = …. = 89
    5463 : 9 = …. = 67
    6448 : 8 = …. = 86
    4949 : 7 = …. = 77

    jawabannya salah semua.
    yang bener,
    1842 : 6 = …. = 307
    3236 : 4 = …. = 809
    5463 : 9 = …. = 607
    6448 : 8 = …. = 806
    4949 : 7 = …. = 707

  9. Om, kalo di sekolah kan diajarinya oakai porogapit tiu lho… dibagi dari depan, bagaimana kita bisa tahu kalo itu hrs ada o nya??

  10. Wahh…x3, aku jadi lebih tau nih soal pembagian, aku kelas 5 sd, tapi aku paling gk suka pelajaran matematika, soal’a nilai matematika’ku dbwh rata2, dbwh 60, makanya aku gk suka MTK, tapi karena aku sudah baca artikel ini, aku jadi lebih semangat belajar MTK untuk UAS tgl 4 Juni nanti, Trims kakak APIC

  11. kayaknya pembagian lbh sulit dr yg hitungan lainny tuh..coba dong ksh contoh pembagian yg angka pengaliny lbh dr satu digit

  12. aq sdah tahu kok yg kayak gini, baik cara cpat maupun penurunannya… nee q perjelas, contoh
    855:5
    pertama 8:5=1 sisanya 3,
    angka 3 trsebut digabung dgn angka 5 menjadi 35
    lalu 35 : 5 = 7
    karena hasil pembagiannya tidak ada sisa, yan langsung saja hitung angka terahir yaitu angka 5 jadi
    5:5=1
    jadi 855:5=171..mungkin agak ribet, tp intinya mudah kok, sma kayak cara lama tetap turunannya tidak dibuat, cukup digabung kok.

    untuk soal 1842:6 = ?? seperti diatas sama kok cara hitungnya liat ya//
    karena angka 1 tdk bisa dibagi oleh angka 6 maka langsung digabung menjadi 18 sehingga 18:6 = 3
    krna angkanya habis langsung dibagi dengan angka 4 tp tdk bisa kan krn 4:6 hasilnya koma, maka langsung digabung dengan yg disebelahnya yaitu 42.. tapi.!!eit tunggu dulu jgn langsung dibagi, harus ditambahi angka 0 dulu..stelah itu baru dibagi 42:6=7
    sehingga 1842:6=307

    nih satu contoh lagi.,,klo gak bsa kelewatan…
    832:4=??
    ambil satu angka dulu dr depan
    8:4=2
    karena habis dibagi langsung saja ke angka 3
    3:4= kasil trsebut tdk bisa dibagi kan? mangkanya gabung dengan angka 2 tapi sebelum itu tambah angka 0 trlebih dahulu..
    lalu 32:4=8, sehingga:
    832:4=208…

    ingat ya!! syarat penambahan angka 0 hanya dilakukan apabila
    Angkanya tidak bisa dibagi atau angkanya lebih besar dari pembagi…
    untuk soal yang lebih sulit yang ada koma2nya nanti ya kalo sempat dijelasin lagi..add ja di FB m.febriansyah VIMC tp sebelum add kirim pesan dulu jd saya tahu..coz q gak sembarang add
    thnks…

  13. Kalo pembaginya lebih dari satu,caranya gimana? N kalo yg hsilny koma,carany gimana biar lbih mudah,gk ribet?
    Thanks

  14. blabalablablabla…………………………………………………………………????????????????????? apa maksud -NYa ya………………………?????????!!!!!!!!!!!!! ^_^ ^,^
    hahahhaahhahahahahahahahahha……………………………………..

  15. hallo semuanya salam dari henny teman mu……..^_^ di sana ” yang punya ya” ingat cara cepat belajar pembagian tapi bukan dengan kekuatan tapi dalam ilmu dan dengan cara berpikir ya.. maniss…..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s