hitung jari cepat contoh 13 x 17


Saya hanya heran mengapa hari ini banyak orang mengunjungi blog saya dengan kata kunci dari search engine: “hitung jari cepat contoh 13 x 17″.

Ada apa dengan perkalian 13×17?
Ada apa dengan hitung jari cepat?
Apakah ada hubungannya dengan sempoa jari, jarimatika, jari aritmatika, matematika jari atau yang sejenisnya?

Baiklah saya ingin sedikit berbagi tentang perkalian cepat hitung jari 13 x 17.

1. Cara paling cepat menyelesaikan 13×17 dengan jari kita adalah gunakan jari untuk memencet tombol yang paling tepat pada kalkulator (atau HP atau komputer). Kita akan segera memperoleh hasilnya. Bagaimana jika tidak tersedia kalkulator? Bagaimana jika tidak diijinkan menggunakan kalkulator?

2. Gunakan jari Anda untuk menggerak-gerakan biji-biji sempoa yang tepat. Dengan latihan yang konsisten – mungkin perlu waktu beberapa minggu – akan dapat menyelesaikan perkalian 13×17. Bagaimana jika tidak diijinkan memakai sempoa? Bagaimana jika saya tidak sabar belajar sempoa yang perlu waktu cukup lama?

3. Gunakan rumus-rumus sempoa jari, jari aritmatika, jarimatika, atau yang sejenisnya. Biasanya, untuk perkalian kita akan mengenal beberapa rumus khusus misal perkalian 6 sampai dengan 10, lalu perkalian 11 sampai dengan 15, lalu perkalian 16 sampai dengan 20. Untuk menguasainya mungkin Anda perlu waktu beberapa minggu – mohon bersabar. Itu pun Anda belum menjawab 13×17. Karena 13 masuk kelompok 11 sampai dengan 15 sedangkan 17 masuk kelompok 16 sampai dengan 20. Jangan khawatir, dengan belajar tekun Anda akan berhasil menguasainya.

Bagaimana jika saya tidak sabar untuk belajar begitu lama? Namanya belajar memang harus sabar sampai tercapainya tujuan, bukankah begitu?

4. Mengapa repot-repot sih? Gunakan saja jari-jari kita untuk memegang pensil. Lalu hitung dengan algoritma AlKhawaritzmi bersusun seperti biasa:
13
17
—x

Pasti akan kita peroleh hasilnya kan?
Bagaimana bila saya tidak mau dengan cara yang biasa?
Saya ingin cara yang baru.

5. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan jari. Cukup gunakan imajinasi Anda. 13×17 = …
1×2 = 2
3×7 = 21
Jawab: 221 (Selesai!?)

Contoh lain:
23×27 = …
2×3 = 6
3×7 = 21
Jawab: 621

33×37 = …
3×4 = 12
3×7 = 21
Jawab: 1221

43×47 = …
53×57 = ….

6. Dan lain-lain.

Tentu masih banyak cara untuk menyelesaikan perkalian 13×17.

Berpetualanglah…nikmati asyiknya berpetualang dengan matematika. Semangat petualangan matematika inilah yang terus kami kembangkan di APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

104 responses to “hitung jari cepat contoh 13 x 17

  1. oo.. kayaknya saya yg salah, bilangan puluhan yang kedua harus ditambah dengan satu ya baru bisa. Tapi sepertinya polanya memang x3*x7 ya, soalnya dicoba pola lain nggak cocok hasilnya, hehehe maap2.. :D

  2. hehehe…

    Anda tidak salah, justru Anda yang benar…!

    Terima kasih kecebongsoft.

    Jika ingin variasi yang lain coba dengan:
    42×48 = …
    74×76 = …
    35×35 = …

    Salam hangat…

    • sepertinya tidak berlaku angka satuan yg punya selisih ganjil (8 – 3 = 5[ganjil])
      coba perhatiin contoh-contoh yg dkasi diatas, selisih angka satuannya selalu genap

  3. Mas Angger.. mantaab aq dah pernah coba terapkan pada anakku dulu waktu baca buku Sharper Mind dah lama bgd, juga aq prnah baca di Buku Quantum Qquotient nya mas Angger, tetap semangat kembangkan terus mas

    • memang rumus yang mereka berikan agak ngawur yang asal ketemu…
      aku coba kasih solusi
      24 x 28=
      1. perkalian angka belakang 4×8 =32 pakai angka –> 2 simpan angka 3
      2. penjumlahan dari perkalian silang..(2×4)+(2×8)=24
      3.jumlahkan 24 ditambah angka 3 yang disimpan= 27 pakai yang –>7 simpan angka 2
      4.perkalian angka depan, 2×2 =4 ditambah angka 2 yg disimpan total–> 6
      5.ketemu hasilnya 672

    • cara menghitung ini cuma berlaku untuk kasus angka satuan yg berjumlah 10 dan angka puluhan yg sama.
      misal :
      26 x 24 = 624 => (6 + 4 = 10)
      31 x 39 = 1209 => (1 + 9 = 10)

    • teknik hanya untuk perkalian yg punya angka puluhan yg sama dan jumlah angka kedua angka satuannya = 10
      43 x 57 tidak berlaku pake teknik hitung ini karena angka puluhannya beda (4 dengan 5)
      yg bisa itu :
      43 x 47 = 2021
      53 x 57 = 3021

  4. Beda angka beda rumus, pake satu rumus banyak yang hasilnya salah. Kasihan anak. Jangan anak-anak disesatkan dalam ilmu hitung dong !

  5. Untuk smentara, gw minta posting ke site gw yah… ;)

    trus yg prlu jg di angkt tuh pmbhasan perkalian digt 1 – 3 ada brapa rumus yg terpakai.. Biar jels n tmbh real.

  6. apa sih beda jarimatika dg jari hitung cepat indonesia & jg apiq quantum? apakah metode sama tp beda nama/pengelola sj? thx

  7. tolong dong memberikan rumus yg tidak membingungkan buat anak2 kami dan tolong dikeluarkan rumus yg tepat dan dapat dipakai secara keseluruhan, angka berapapun dimasukkan sbg pengganti hasilnya tepat thank’s

  8. yg aku tahu, tips perkalian tsb hanya berlaku untuk angka yang angka depannya (kepala) sama dan angka yg belakang (ekor) berjumlah 10. coba deh perhatikan….thx

  9. 13×17 = …
    1×2 = 2 (bukannya 1 x 1) —> tp 1 x satu angka diatasnya yaitu 2
    3×7 = 21 (tinggal ditempelkan)
    Jawab: 221

    33×37 = …
    3×4 = 12 (bukannya 3×3) —> 3 x satu angka diatasnya yaitu 4
    3×7 = 21 (tinggal ditempelkan)
    Jawab: 1221

    selamat mencoba…thx

  10. mantapppppppppp………..
    matematika bisa jd sahabat jg ia…?

    tapi yang saya bingung kenapa 13 x 17=…
    1 x 2= 2….?
    mohon penjelasanya..
    terimakasih……….

  11. 0o… ada jg nih rumus 5:
    1. 24×5=..
    setengahnya 24=14 tambain 0 =140
    2.99×5=..
    setengahnya99=49,5 …….=490
    49,5 komanya disentil!!!

    Ada lg ngitung pake jari sampai 1024
    mau ga?

  12. 76×69
    ——-
    7×8 = 56
    6×9 = 54
    hasil : 5654 —-> salah !!!
    ——
    bos kalo bikin rumus jgn stengah setengah, !!!, bikin sesat aja

  13. say..tolong daku ibu muda yg anak br masuk sd, aku mau anaku pintar matematika, rumusmu membingungkanku …terkadang ada hasil yg benar namun tak jarang ada soal hasilnya salah…

  14. itu sangat gampang banget tapi perkalian saya ajarakan ini hanya pada angka belasan saja tidak lebih
    contoh.
    17 x 13 =
    7 x3 =21 taruh 1 dibelakang……………………………. 1
    dan 2 disimpan
    7+3=10 jumlah tadi 10+2=12 taruh 2 ditengah………………2
    dan 1 disimpan
    1 x 1 = 1 jumlah tadi 1 +1(1 tadi disimpan diatas)=2 taruh didepan……….2
    jadi hasilnya 17 x13 =221 ok gampangkan

  15. Trik di atas bisa digunakan ketika nilai perkalian memiliki nilai puluhan yang sama dan nilai satuan yang sama – sama ganjil atau genap. Bener ga!
    kan contoh di atas sudah jelas, coba lihat lebih teliti lagi. contoh lagi nich:
    angka puluhan dari nilai 49 dan 43. kalau dilihat soalnya sama-sama memilki angka puluhan yang sama yaitu 4 dan memiliki angka satuan yang sama-sama ganjl, jadi hasilnya tepat. tapi kalu diluar itu yah ga tepat.

  16. mas ajari iting cepat…tambahan+pengurangan yang bener2 cepat
    ex:8,52+7,48:
    9,28-2,72:
    simpel sih,metode yang bnr@cpt,tlng mas cpt d balas wat tes krj….thank’s

  17. kenapa rumus yang diberikan tanpa dasar, asal ketemu ???
    13×17 = …
    1×2 = 2–> dari mana ?
    3×7 = 21
    Jawab: 221 (Selesai!?)
    33×37 = …
    3×4 = 12—>dari mana ?
    3×7 = 21
    Jawab: 1221
    kenapa langkah2 nya dipotong2 ?? ntar anak2 ku saat pakai rumus diatas dan nggak ada dijawaban…bisa2 hitung benik dong ??
    mohon ilmunya dibuka saja secara maksimal…trims

  18. ya.. saya rasa komentar beberapa sudah ada kok yang benar.
    tapi komentar berikutnya masih ada yang belum ngerti juga.

    lihat komentar ‘yanti’
    rumus ini berlaku seperti contoh2 berikut:
    42×48 = …
    74×76 = …
    35×35 = …
    33 x 37 = …
    23 x 27 =
    22 x 28 =
    21 x 29
    24 x 26
    25 x 25
    misal coba buat soal sendiri,
    76 x …. = …. coba dikalikan dengan berapa ya agar rumus ini pas???
    pasti jawabannya adalah 76 x 74
    maka cara di atas dapat digunakan
    tapi kalau 76 x 63 rumus di atas adalah tidak tepat

  19. baru gabung..

    rumus diatas berfungsi jika:
    1.hasil penjumlahan satuanya harus 10.
    2.dikalikan pada puluhan yang sama
    penjelasan:
    1. maksud dari penjumlahan satuanya harus 10
    angka belakang ditambah angka belakang hasilnya 10
    contoh: 13 x 17 (3 + 7 = 10)
    24 x 26(4 +6 = 10)
    32 x 38 (2 + 8 =10)
    2.dikalikan pada pulahan yang sama
    13 x 17 ,24 x 26, 32 x 38 (4.. x 4..)(5.. x 5..)(6… x 6..) dst
    jika dikalikan pada puluhan yang bedah maka hasilnya beda

    contoh 1.
    32 x 38 =
    3 x 4 =12 ( DIKALI DGN ANGKA DIATASNYA ) diatas angka 3 yaiyu 4
    2 x 8 =16
    maka hasil dari 32 x 38= 1216

  20. Tidak usah pada bingung, soal diatas memang untuk penjumlahan angka satuan berjumlah 10. Selain itu memang ga bisa dihitung. Gw punya rumus jemarimatika yang sesuai. Rumus ini membantu siswa untuk menghafal perkalian. Jadi bukan rumus cepat, kalo sudah lancar dan paham bisa menghitung dengan bayangan.
    Rumus contoh: Bilangan 11 – 15 menggunakan rumus 100 + (T1 + T2) + (S1 x S2)
    T = jari yang ditutup nilainya puluhan (tetapi untuk angka satuan 1 – 5 menggunakan bilangan itu sendiri, dan angka satuan 6 – 10 menggunakan jarimatika perkalian buka dan tutup)
    S = jari yang dibuka
    misal: 13 x 14 = 100 + (30 + 40) + (3 x 4)
    = 100 + 70 + 12
    = 182

    Bilangan 16 – 20 menggunakan rumus 200 + (T1 + T2) + (S1 x S2)
    misal: 16 x 20 = 200 + (10 + 50) + (6 x 10)
    = 200 + 60 + 60
    = 320

    * rumus itu ada formulanya, Gw kalo ngajar Aritmetika menggunakanpendekatan ini. Kalo mau ntar gw posting lagi …
    Bapak-bapak / ibu-ibu / temen-temen ga usah bingung ya …

  21. sebenarnya rumus ini gk bikin bingung, malah asyik, aku adalah orang yg belajar jarimatika secara otodidak, dan bisa menyelesaikannya,tolong dong kasih aku rumus rumus yg lain ya???kalau penjumlahan , pengurangan , perkalian 1-5 dan 6-10 , atau 11-15, 16-20, dsb, sy udah bisa, kan ada poster yg jual rumus macam itu , tp yg lebih menantang lagi….pasti saya tunggu.

  22. aduh masih mending gw yah ngerti kenapa 13×17 bisa 1×2, kirain gw yg paling dibawah ^_6, oyah… jgn takut belajar matematika. jika kmu gak tau Find Out…. makasih buat paman apiq

  23. 245 X 234 = 57330
    g usah pake rumus…
    nie ane kasih dasar belajarnya…
    3 + 7 =10 => Tiga + Tujuh = Sepuluh
    lihat hurif awalnya => T + T = 10
    semua yang hurufnya sama jika dijumlahkan ketemunya 10
    cth lain = 4 + 6 = 10 => E + E = 10
    trus hubungannya sama perkalian di atas apa???
    OK bro…
    Mainkan imajinasimu…Buktikan setinggi apa level imajinasimu…

    • bukan kurang tpi anda yg kurang memahami itu pengecualian untuk perkalian 2 digit yg belakang nya di tmbah menjadi 10
      cb gmn klu kayak gini 13×19
      1×2 = 2
      3×9=27 klu langsung spti cra diatas mka slh krna hasilnya 227
      qt htg itu angka naiknya brp slh blkg dikurangi 10 3+9 = 12 (sisa 2)
      nah stu itu nnti jadi puluhan sehingga jadi sprti ini
      1×2 = 2
      3×9 = 27 di tmbh sisa 2 dh brhubung itu puluhan 10 mka jadi 20 shngga jadi 47 skrg jumlah mka hasilnya 247..rumus ini berlaku untuk selnjutnya walpun dah puluhan 20 brrti klu 20 gitu….dipahami aja anda akan mengerti…….gmpng kok…semoga bermanfaat

  24. rumus itu berlaku jika suatu bilangan memiliki hubungan khus yakni jika bilangan tersebut yang angka depannya sama dan angka di belakangnya jika di jumlahkan sama dengan 10

  25. contoh lain 107 x 103 = ?
    cara jawabnya :10×11 = 110
    3×7 = 21
    jadi jawabannya = 11021

    silahkan mencoba

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s