Cara Mudah dan Asyik Belajar Matematika Pecahan

Berhitung pecahan dapat saja menjadi masalah berat bagi para siswa. Tetapi bila kita mengetahui cara yang tepat untuk mengajarkan pecahan maka pecahan akan menjadi materi pelajaran yang mengagumkan. Berikut ini adalah beberapa pengalaman kami di APIQ yang semoga dapat berguna bagi kita bersama.

1. Kenalkan konsep pecahan dengan bantuan visualisasi. Kami di APIQ mengenalkan pecahan dengan bantuan mainan lingkaran milenium. Mainan ini berupa lingkaran yang dipotong-potong menjadi pecahan 1/2, 1/3, 1/4 dan seterusnya. Kami juga memanfaatkan dadu milenium untuk mengenalkan pecahan. Lebih tepatnya, dadu milenium memperluas makna pecahan kepada perbandingan.

2. Jangan buru-buru mengenalkan konsep abstrak pecahan. Tetaplah santai dengan permainan pecahan dulu. Setelah kita yakin anak kita menguasai konsep pecahan melalui permainan secara alamiah mereka akan tertantang untuk belajar konsep abstrak tentang pecahan. Inilah waktu yang tepat mulai masuk ke notasi matematika pecahan.

3. Gunakan istilah pecahan yang memudahkan. Terima istilah apa saja yang memudahkan siswa. Misal 1/2 akan lebih bagus kita baca satu per dua bukan seperdua. Beberapa anak mungkin sudah akrab dengan menyebutnya setengah – tidak masalah. Sedangkan 1/3 sebaiknya kita baca satu per tiga bukan sepertiga. Kedua cara baca di atas sama benar. Tetapi membaca dengan sebutan “satu” lebih konsisten dari sebutan “se”. 1/4 adalah satu per empat, 1/5 adalah satu per lima, dan seterusnya.

Suasana belajar pecahan sambil bermain sudah pernah saya tuliskan beberapa waktu lalu. Silakan untuk membacanya lagi. Semoga memberi manfaat yang besar. Amin.

Salam hangat…

(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

About these ads

34 responses to “Cara Mudah dan Asyik Belajar Matematika Pecahan

  1. Pak Agus saya sudah cukup banyak membaca berbagai tulisan menarik pembelajaran matematika APIQ, kalau saya ingin memiliki power point maupun peralatan lain untuk belajar matematik tersebut bagaimana cara pemesananya.

  2. Ping-balik: Belajar mengenal konsep pecahan « Belajar dari anak-anak·

  3. Mas Agus,

    Tulisannya bagus, menggigit. Saya setuju dengan tulisannya pada judul yang lain bahwa tujuan akhir pembelajaran akan sangat mempengaruhi metode pembelajarannya.

    Saya hanya khawatir akhir-akhir ini banyak orang tua yang ingin serba intant (hasil saja) tidak memperdulikan apa sesungguhnya tujuan belajar itu sendiri.

    BTW, saya berminat untuk mengembangkan APIQ di wilayah Depok dan sekitarnya, ngaimana caranya ?

  4. cara belajar yg demikian cukup efektif………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  5. saya kok susah sekali memahami pelajaran matematika..sehingga nilai saya jelek terus..bagaimana ya ? agar nilai matematika saya jagi bagus ?

  6. gw suka pelajaran matematika tetapi guru gw ngajarinx engga becus ,lebih baik gw ngeles …………………………gw benci guru gw ruli………..

  7. aku engga suka guru matematikan krana dia ngajarinx lebih baxak ceramah dari pd pelajaran matematika ,nama guruxa itu …….hj.ruli trimampuni……………………………….dan guru b.indonesia setiap dia masuk kls 5 a di sdn 009 dia selalu ngomel2 tetapi engga masuk akal dan ada murid yg paling di sukaix yaitu, novita sari nama guru itu adalah sempurna……………

  8. aku lebih suka matematika kalau mama ku yg ngajarin because aku lebih ngerti dari pd ruli tri mampuni…………………………………………………… apakah kekurangn dr guruku itu ????DIA JLN X LAMBAT SEKALI…………SEKALI GW BENCI RULI TRIMAMPUNI???……………………………….

  9. saya sangat ingin anak saya bisa memahami cara mngerjakan pecahan. saya sendiri tidak memahami yang namanya pecahan dan bagaimana cara penyelesainnya, mohon bantuannya….terimakasih atas infonya, ditunggu jawabannya..

  10. Bantu Alya Cari Materi Pecahan Donk, Alya Sangat Membutuhkan Materi Ini. Coz Judul Skripsi Alya Tentang Materi Pecahan. Alya tunggu Jawabannya. Terima kasih.

  11. SALAM HANGAT, Yah cara Guru menjelaskan masalah bilangan pecahan dan operasinya sangat menentukan kemampuan siswa ke atas, tengok hasil test masuk PTN tentang ini masih ada saja yang memilih jawaban soal pecahan yang sederhana seperti 2/3 + 3/5 dipilih jawaban = 5/8, alamak, nah peranan guru dan orangtua sangat menentukan; Belum lagi pelajaran ttg bilang irasional : V3 + V6 = V9 = 3; Ada saja yang bilang ini benar ! . Kasian anak2 yang masih salah kaprah tentang hal ini. Wass Wassalam

  12. Assalamualaikum
    saya guru di Sd swasta daerah pedesaan. Saya sejak menjadi guru sangat ingin mempraktekan pembelajaran yang menarik,seperti yang dituliskan APIQ. saya berniat mengembangkan APIQ di sekolahan saya.
    saya tinggal di ngawi. bagaimana supaya saya bisa belajar lebih banyak tentang metode APIQ in?

    • Salam,
      Terima kasih BU Umi Habibah,

      Ibu Dapat selalu belajar bersama APIQ melalui internet, training APIQ, buku APIQ atau dengan membuka APIQ Cabang Ngawi.

      Monggo ke mawon…
      Suwun…

  13. nama aku yuda aku ingin naik kelas semoga aja aku bisa naik kelas 6 amin robalalamin dan bsa melanjukan pelajaran yng aku bisa dan aku ingin dan aku bisa mengwujud kan cita cita ku amin dan aku bisa meng hasilkan jawaban yang ku bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s