PERKALIAN CEPAT 3 DIGIT

Banyak yg menanyakan bagaimana cara cepat menghitung perkalian 3 digit yg berlaku umum?

berikut ini adalah teknik perkalian bintang 3. teman2 sy sarankan u mempelajari perkalian bintang 2 yg sdh sy tulis sebelumnya.

l x * x l

321
401x

???
kt hitung kanan k kiri
l: 1×1 = 1
x: 1×2 + 1×0 = 2
*: 1×3 + 1×4 + 0×2 = 7
x: 0×3 + 2×4 = 8
l: 4×3 = 12
jawab = 128721

selamat berlatih, smoga sukses selalu…

About these ads

72 responses to “PERKALIAN CEPAT 3 DIGIT

  1. susah rumus nya.. ribet banget..!! ada yang lebih simpel nggak ?? tp tanks ya dan saya ucapin “terus ber inovasi dan berkaya, jgn pantang mundur” kegagalan adala awal dari kesuksesan…

  2. semua yang baru emang butuh adaptasi…

    kecepatan berhitung sangat ditentukan oleh banyaknya berlatih dan pada haflan teknik berhitungnya…kalo hafal + banyak berlatih…dijamin pasti cepat…

    kalo udah biasa dengan cara bersusun ke bawah dan itu dirasa mudah, cukup cepat…ya udah itu aja..

  3. Gak ada yg susah hanya saja otak butuh waktu adaptasi dengan trik yg baru nanti juga otak yg bilang mana yg tercepat bagi otak jadi belajar aja terus hingga otak merasa nyaman dengan demikian dengan sendirinya bekerja semakin cepat dan maksimal nah setelah itu baru otak busa mengklaim mana yg tercepat

    salam,
    Lois

  4. sy acc ma lois, pertama nyoba ribet…tapi yg penting kita tau dasarx, baru deh ketemu dan menurutku jauh lebih cepat (pahami trikx, trus coba coba and coba terus…sampe otak terasa otomatis dgn trik itu)

  5. bagus juga buat hitung tampil beda. Awalnya cukup rumit, tapi cara beda lebih menyenangkan…Sy coba beri tahu murid, mereka cukup senang. Yang terpenting buat sy adalah membuat matematika lebih menyenangkan di mata siswa2 sy. Bukan hanya cepat dan mudah.

  6. Konsepnya sama seperti mengalikan ke bawah.

    Misalnya
    abc
    def
    —-x

    untuk satuan sama dengan c x f
    untuk hasil puluhan sama dengan b x f+c x e
    untuk hasil ratusan sama dengan a x f+c x d + bxe
    Untuk hasil ribuan sama dengan a x e +b x d
    Untuk hasil puluh ribuan sama dengan a x f.

    Kenapa angka 1 atau 0 karena hasilnya tidak menyimpan (lebih mudah sebagai contoh)

    Dengan cara ini bisa saja mengalikan angka besar

    987
    578
    —-x
    abcde

    (angka maks 6 digit, misal 999×999=998001)
    e = satuan = 7×8=56
    e= 6

    d= 5(hasil simpan e) + 8×8+7×7
    = 5+64+49
    = 118
    d ditulis 8 karena ratusan
    dan simpan 1 (ratusan) untuk c dan 1(puluhan) untuk b

    sampai disini sudah terisi abc86
    c = 1 (simpanan d) +9×8+7×5+8×7
    =1 +72+35+56
    = 164
    simpan 6 untuk b dan 1 untuk a
    ab476

    b= 6 (simpanan dari c)+1(simpanan d)+ 9×7+8×5
    = 6+1+63+40
    = 110
    tulis 0 untuk b dan simpan 11 untuk a
    a0476

    a = 11 (dari b)+ 1 (dari c)+ 9×5
    = 11+1+45
    = 57

    jadi hasilnya adalah 570476
    Coba bandingkan dengan perkalian ke bawah

    987
    578
    —–x
    7896
    69090
    493500
    ———-+
    570846

    Kedua cara membutuhkan ketelitian untuk bilangan yang nilainya besar. :D

  7. Ups salah penulisan.. >,<

    sampai disini sudah terisi abc86
    harusnya dilanjutkan lagi:
    c = 1 (simpanan d) +9×8+7×5+8×7
    =1 +72+35+56
    = 164
    simpan 6 untuk b dan 1 untuk a
    ab486

    b= 6 (simpanan dari c)+1(simpanan d)+ 9×7+8×5
    = 6+1+63+40
    = 110
    tulis 0 untuk b dan simpan 11 untuk a
    a0486

    a = 11 (dari b)+ 1 (dari c)+ 9×5
    = 11+1+45
    = 57
    sehingga menjadi 570486

    dan dalam perkalian
    987
    578
    —–x
    —7896
    –69090
    493500
    ———-+
    570486

    Ya memang untuk perkalian angka besar memang lebih rumit. :p

  8. Salam. Buat temen2, disni sy cm ngasih saran.
    Buat kita yg mau belajar, tentu akan dibukakan jalan. Pemahaman dan penanaman konsep sangat berperan. Coba telaah kembali contoh yg di sajikan, lakukan perbadingan, catat output, relaksasi n kreasikan penemuan…
    Thax.

  9. jalan-jalan itu mengasyikan saat sedih bisa untuk menenangkaan hati dan pikiran dan masih ada yang lain nya lagi !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. link petualang untuk diatas 3 digit pak … terima kasih sebelumnya. ini sangat bermanfaat jika melakukan perhitungan dipekerjaan lapangan. jadi g perlu tat tit tut buka hp ngitungnya

  11. Orang yg gak bisa memahami cenderung protes dan mengumpat Padahal kesalahan ada pada dirinya yg kurang bisa sabar dalam memahami So.. Tak ada yg mudah dalam belajar jika tak ada niat Kita mau kita bisa

  12. INI ORANG PANDAI ngitung cepat nggak sih abisnya saya hitung banyak yg salah tuh . mungkin orang ini otak nya sudah rusak kali ya jadi sok2 tahu .

  13. Matematika itu asyik lho.. sy sblmnya dah punya teknik berhitung perkalian 2, 3 dan 4 digit. ternyata mirip-mirip dengan punya APIQ Qntm. dan mirip juga dengan teman2 yang punya hobi sama, kutak-katik. ga usah takut coba hal baru. klo dah biasa, teknik ini bisa dikerjakan satu langkah lho. coba deh berlatih, pasti bisa…

  14. Ping-balik: Perkalian Cepat 3 Digit atau 4 Digit: Bintang Langsing dan Bintang Gendut | APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  15. wah keren yaa..
    matematika jadi lebih asik kalo banyak metode nya .
    tinggal di pilih aja mana yang menurut kita lebih mudah digunakan :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s