PERKALIAN 2 ATAU 3 DIGIT

l x * x l

Terimakasih kpd para pembaca yg banyak mberi masukan. para pembaca minta cara perkalian cepat yg berlaku umum 2 digit, 3 digit dan lainnya.

saya sering mngatakan bahwa teknik perkalian cepat BINTANG dpt menyelesaikan semua pertanyaan d atas. lebih lengkapnya silakan mbaca buku APIQ yg akan sgr terbit. di sini kt akan membahas bagian terpentingnya sj.

cotoh:
31
21x

???
lakukan 3 langkah berikut:
l x l

maksudnya,
l : bintang 1 : 1 x 1 = 1
x : bintang 2 : (3×1)+(2×1)= 5
l : bintang 1: 3×2 = 6

jawab: 651

contoh:

41
21x

???

l: 1×1 = 1
x: (4×1) + (2×1) = 6
l: 4×2 = 8

jawab : 861

selamat mencoba…

untuk perkalian 3 digit di tulisan berikut aja ya…

About these ads

27 responses to “PERKALIAN 2 ATAU 3 DIGIT

  1. Tetap bs dg teknik bintang 2 di atas. bila ada yg menyimpan tetap disimpan spt biasa.
    31
    27

    l: 7×1 = 7
    x: 7×3 + 1×2 = 23 (menyimpan 2)
    l: 3×2 = 6
    jawab 837.
    trims.

  2. gak mungkin, krn kombinasi penjumlahan pangkat 2 ada dari tuan phytagoras. kombinasi penjumlahan pangkat 2 dan pangkat 3 ada dari max. jwb : 78^2 – 9^2 + 13^3 = (78+13)^2 – 9^2 = 91^2 – 81 = 8.200

  3. sepertinya mas saptyawan perlu lebih kreatif lagi dalam pembahasan matematika kuadrat dan pangkat tiga serta kombinasinya, atau kurang mengerti…. he..he..(sataka indonesia)

  4. Mohon maaf atas kekurang pengertian saya. Pendekatan persamaan kuadrat yang saya maksud hanyalah untuk mencari pendekatan dengan sudut pandang yang lain dari metode bintang pak agus . Pendekatan ini bisa kita gunakan mis :(a+b)(a+B)= a^2+ab+ab+b2 pada soal ini kita ambil contoh 31 * 27. Ini identik dengan (30+1)(20+7)=600+210+20+7=837 jadi tidak seperti cara max yang langsung memasukkan angka kedalam rumus (ingat saya utarakan disini angka – angka yang tidak identik). Mohon pencerahannya ..trimakasih.

  5. SEBETULNYA CARA PERKALIAN SEPERTI ITU SUDAH ADA DI BUKU YANGB BERJUDUL “METODE BERHITUNG CEPAT DG METODE TRACK TENBERG”, JADI MENURUT SAYA TIDAK ANEH LAGI

  6. Trachtenberg dan tokoh sebelumnya memang membahas materi di atas.

    APIQ belajar dari para pendahulu2 tersebut.
    Dan membuat inovasi2 terbaru sehingga dapat lebih membantu anak belajar.

    Terima kasih saptyawan, Max, dan dartono.
    Salam hangat…

  7. Sebetulnya anda yakin atau hanya mereka-reka 78^2 – 9^2 + 13^3 ada di metode berhitung cepat tracktenberg? Kalau ada, di buku ke berapa & di halaman berapa ?

  8. bagaimana pula cara cepat menghitung 9 x (31 + 8 : 3) : 25 mas, apa ada juga di metode trachtenberg juga…. hee… cobalah lebih kreatif menyelesaikan soal math. sptnya trachtenberg juga manusia…….. sataka indonesia

  9. Thanks Max,

    Trachtenberg hanya membahas matematika dasar.
    Ia membahas tema yang sedang kita bicarakan:
    perkalian 2 digit atau 3 digit.

    Untuk pangkat 2 atau pangkat 3 dan seterusnya APIQ telah mengembangkan metode khusus.

    Salam…

  10. mas agus, saya punya beberapa anak didik yang benar2 gak suka matematika (mereka udah apatis) jadi tertantang mencari cara-cara unik yang gak menyulitkan mereka….saya sudah mengumpulkan berbagai macam cara ttg perkalian, tapi belum menemukan teknik pembagian yang memudahkan mereka..punya saran?
    kalo di balikpapan, Apiq udah ada belum ya? pengen ikut nih jadi bagian Apiq ;) buah pikiran mas agus ttg pembelajaran matematika cocok banget dengan bayangan saya ttg belajar matematika

  11. Terima kasih Ummu Zahra,

    Di Balikpapan, APIQ belum buka cabang.
    Bila Ummu Zahra tertarik, kami siap mendukung.

    Untuk hitung pembagian, APIQ punya tips yang menarik. Tapi saya masih agak sulit menuliskan dengan kata-kata. Padahal praktiknya sangat mudah pembagian itu: gunakan permainan Onde Milenium dari APIQ.

    Secara bertahap pasti saya akan menuliskannya…

    Salam…

  12. Ping-balik: Permainan Berhitung Cepat Perkalian 3 Digit atau 4 Digit « APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  13. untuk yang 2 digit, mungkin bisa dengan bahasa dikalikan silang lalu dijumlahkan…
    hmmmmm
    bisa begitu ga seh…
    attaaaaaaauuuuuuu…
    hehe sebenernya seh sama aja… cuma kalau untuk pemahaman dari dasar banget… menggunakan sifat seperti itu tidak semua anak bisa dengan mudah mengerti. agak bingung dalam pemahamannya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s