Cara Berhitung Cepat Matematika Statistik UN

Sudah langganan dari tahun ke tahun, statistik selalu muncul dalam UN, SPMB, UMPTN, atau SMN PTN ( atau apa pun namanya nanti). Soal SPMB biasanya lebih cerdik dari soal UN. SPMB memancing beberapa teknik berpikir tertentu. Tetapi UN kadang hanya mengandalkan hafalan rumus statistik. Saya sendiri lebih menyukai soal yang tipe cerdik.

Topik paling sering muncul dalam statistik adalah menghitung nilai rata-rata (mean). Tentu konsep rata-rata (mean) sangat sederhana. Hanya cara menghitungnya yang kadang agak menakutkan. Kita harus menjumlahkan semua data kemudian membagi dengan banyaknya data.

Contoh soal.
Dari 11 siswa yang diukur tinggi badannya, diperoleh data tinggi (dalam cm): 118, 119, 120, 120, 120, 121, 122, 122,123,123, 123. Berapa rata-rata tinggi badan dari 11 siswa tersebut?

Pertama, tinggal jumlahkan semua lalu bagi dengan 11. Tentu kita dapat melakukannya. Hanya masalah semangat saja kan?

Kedua, cobalah menggeser data agar lebih sederhana.

Saya pernah bertemu dengan seorang lulusan matematika ITB yang ahli statistik. Saya bertanya apakah cara menggeser data ini dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah?

Sang ahli statistik itu mengatakan,
”Dalam istilah statistik hal itu disebut dengan transformasi data. Tetapi saya tidak menyangka cara ini dapat kita gunakan untuk menyelesaikan soal UN dan SPMB. Saya sering menggunakannya untuk menghitung data statistik yang rumit.”

Bagaimana cara melakukan menggeser data?

Intinya adalah buat lebih sederhana. Misalnya, 120 kita geser menjadi 0 maka datanya menjadi:
-2, -1, 0, 0, 0, 1, 2, 2, 3, 3, 3.
Jumlah dari seluruh data = 11.
Maka rata-rata =  11/11 = 1.
Kita peroleh rata-rata sebenarnya = 1 + 120 = 121 (Selesai).

Mungkin beberapa di antara kita ada yang tidak suka dengan bilangan negatif. Maka anggaplah data paling kecil = 0. Jadi 118 kita anggap 0. Maka data tergeser menjadi:
0, 1, 2, 2, 2, 3, 4, 4, 5, 5, 5
Jumlah dari seluruh data = 33
Maka rata-rata = 33/11 = 3.
Kita peroleh rata-rata sebenarnya = 3 + 118 = 121 (Selesai).

Contoh soal:
Dari sebuah tes matematika,
5 anak memperoleh nilai 65,
7 anak memperoleh nilai 70,
8 anak memperoleh nilai 80,
5 anak memperoleh nilai 85,
Berapa nilai rata-rata dari 25 anak di atas?

Pertama, jumlahkan (5×65) + (7×70) + (8×80) + (5×85). Kemudian bagi hasilnya dengan 25. Kita akan memperoleh nilai rata-rata yang diinginkan.

Kedua, geser 65 menjadi 0.
Jumlahkan (5×0) + (7×5) + (8×15) + (5×20) = 255
Maka rata-rata = 255/25 = 10,2
Kita peroleh rata-rata sebenarnya = 10,2 + 65 = 75,2 (Selesai).

Contoh-contoh di atas merupakan contoh sederhana. Tapi cukup jelas mengilustrasikan maksud untuk memudahkan perhitungan rata-rata. Dengan berlatih mengerjakan beberapa soal lagi, saya yakin, kita akan menguasainya dengan baik.

Selamat berjuang….Semoga sukses!
Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat…
(agus Nggermanto; Pendiri APIQ)

About these ads

51 responses to “Cara Berhitung Cepat Matematika Statistik UN

  1. perbanyak cara cepat seperti itu yang membuat matematika smakin menarik dan enak tuk dipelajari gak membosankan,end jangan bosan2 yaa Bung tuk berbagi ilmu tuk memajukan bangsa ni yang smakin taun makin terpuruk…..TETAP SEMANGAT Wassalam

  2. keren ya,caranya lumayan mudah untuk dipahami…….

    di tunggu cara2 lain untuk soal yang lebih sulit ya……trigonometri,dkk gitu….hehe….

    makasih……..

  3. k…. kalau ngasih carah cerdas yg iklas dong…………!!!!!!! jangan…. kayak orang yang terpaksa gituloh…… end k….. jangan angap remeh kami dong ……. end to kata -kata k… mohon lebih di baikin

  4. wah… kern bgt ne…
    cb dr dulu gw tau yg ky ini mngkn gw udh lulus test stan kali ya..//??
    hahah

    thanks dech….
    kl ad ksh tw lg ya rumus2 mudah nya

  5. Terimakasih teman-teman!

    @gembira
    Bergembiralah terus untuk belajar.
    Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

    Saya akan menuliskan terus berbagai macam cara mudah belajar matematika.

    Salam…

  6. Hati2 kalo mengajarkan rumus praktis atau apapun istilahnya. Saya stuju dan salut, anda masih mempertanyakan apakah ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah atau tidak.
    Tapi saya tetap agak khawatir, karena kadang cara2 praktis tidak membuat orang semakin paham esensinya. Misalnya, dengan cara praktis ini, apakah orang tetap mengerti esensi dari mean. Sehingga nantinya pun dia mengerti arti penting nya dalam operasi2 statistik yg lebih lanjut seperti mencari z skor, korelasi, dll..

  7. mau dun ajarin cara mudah berhitung matematika, ni rifky anak kelas 3 SMA yang mau UN & SPMB.
    doain yah yar lulus,amin.

    aku manggilnya apani?

    ka aja yah.

    aku lemah dalam aljabar, pecahan, dll.
    tapi kalo rumus2 n cara2nya tau, konsepnya bisa, masalahnya cuma berhitungnya salah mulu,hehehe…

    aku mohon ka kakak mau ngajarin aku.

    kabarin aku yah ka, makasih ka.

    rp.

  8. Ssetau saya, di buku-buku sma juga diajarkan cara seperti itu. So, ini bukan sesuatu yang baru harusnya tuk anak-anak sma.

  9. Keren Mas !!
    maju terus Madas,smga artikel sprti ini smkin bnyak.

    Mas,pny artikel ttg tips mencari hasil perpangkatan cepat,misalny hasil dari 98 pangkat 56 brpa ?

    Thx !

  10. Wah…udah lama ya ga liat rumus matematika..
    pengen belajar matematika..kalau sudah jadi insinyur matematika nanti kerja apa ya..tertarik tapi masih ragu nih..

  11. wow,,,,,,,,,,keren…!!!!!!!!!!!!
    aq dach lebih mudah memahami n mengingat@……..
    benar2 sangat berguna,,
    thanks yach…..

  12. Bagus c caranya, tapi kurang ngerti loh. Lebih rinci bsa ga mas? Mksudny, knapa angka 65 dgeser jadi nol? Lalu, angka yg lain dgeser gmana? Haha. Ga ngerti. Ak ga bsa mtk c.

  13. ocey bgt,tuh …. q jg mkn senang nih u ngupas tuntas mtk, ternyata gak sulit yah.. as ada kemauan. trim boss pencerahanya. q tunggu ulasan yg baru….. ciuuuuuu….

  14. makasih banget atas ilmunya saya sangat terbantu dengan cara2 seperti ini! teruslah berbagi ilmu karena ilmu yang di amalkan palanya akan mengalir terus!

  15. bgus banget…
    moga dengan rumus sperti ini, anak indonesia makin cerdas n suka dengan matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s