Manfaat Rumus Berhitung Cepat Matematika

Saya senang mengoleksi berbagai macam teknik berhitung cepat – aritmetika cepat. Beberapa rumus cepat ini saya peroleh dari guru-guru matematika saya. Sebagian yang lain saya peroleh dari membaca literatur. Bagian terpenting dari rumus cepat ini saya peroleh sendiri melalui ketekunan meneliti.

Sempoa (abacus) adalah salah satu teknik berhitung cepat yang sangat mengagumkan. Selesai soal dibacakan, selesai juga proses perhitungan. Kita tinggal membaca hasil perhitungan tersebut pada sempoa. Bila sudah mahir mental aritmetika, kita tinggal membaca jawaban tersebut pada mental imajinasi kita.

Kumon adalah pendekatan yang berbeda. Kumon merupakan pendekatan pembelajaran cepat matematika. Tetapi isi matematikanya sendiri mirip dengan konsep matematika yang kita kenal selama ini. Metode Kumon mengandalkan pada pengulangan dan kemahiran. Dengan cara ini, (anak-anak) kita menjadi lebih mudah belajar matematika.

Jarimatika menampilkan beberapa variasi menarik dari teknik sempoa. Jarimatika mengelaborasi 10 jari kita untuk menggantikan peran sempoa. Terdapat beberapa trik khusus yang menarik memanfaatkan jari-jari kita.

Sakamoto, saya kenal pada awalnya sebagai pendekatan geometri kepada berbagai konsep matematika. Dengan pendekatan geometri, matematika menjadi lebih tervisualisasikan. Bukankah satu gambar bermakna seribu kata?

APIQ saya dirikan untuk memanfaatkan berbagai keunggulan teknik berhitung cepat. Dari sempoa kami belajar betapa petingya alat peraga fisik. APIQ memfasilitasi siswa dengan berbagai macam mainan fisik matematika seperti Onde Milenium, Kartu Milenium, Super Marble, dan lain-lain. Tentu saja setelah asyik bermain secara fisik, anak-anak akan menyerap konsep matematikanya secara mental.

Dari Kumon kami belajar betapa pentingnya pendekatan bertahap dalam matematika. APIQ memfasilitasi siswa dengan pendekatan bertahap mulai dari anak mengenal angka (bilangan) sampai menguasai kalkulus. Program ini menjadi perkerjaan besar bagi kami di APIQ.

Jarimatika di luar dugaan kami. Kami telah mengajarkan konsep jarimatika sebelum kami mendengar tentang lembaga Jarimatika. Jarimatika memberi pelajaran pada kami bahwa yang sederhana dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik. APIQ memperkaya diri dengan berbagai trik menggunakan jari.

Visualisasi geometri lebih kita tekankan lagi setelah mengenal Sakamoto. Tetapi APIQ melangkah lebih jauh dari sekedar visualisasi. APIQ mengembangkan mainan alat peraga khusus untuk berbagai konsep matematika penting. Untuk pecahan, APIQ mengembangkan mainan lingkaran milenium. Untuk luas, keliling, volume APIQ mengembangkan dadu milenium.

Kami mempercayai:
Gambar bermakna seribu kata
Peraga bermakna seribu gambar

Saya sempat agak ragu-ragu. Mengapa repot-repot belajar berhitung cepat? Bukankah sudah ada kalkulator? Bukankah sudah ada komputer?

Berhitung cepat bukan berarti tidak boleh menggunakan kalkulator. Pun bukan berarti tidak boleh memanfaatkan komputer. Orang yang ahli menggunakan kalkulator dan komputer juga tidak dilarang belajar berhitung cepat. Jadi, kita tidak perlu mempertentangkan berhitung cepat dengan mesin hitung cepat.

Banyak manfaat dari belajar berhitung cepat. Salah satu manfaat terpenting adalah menjadi lebih kreatif. Orang yang memiliki banyak koleksi teknik berhitung cepat akan selalu terbuka pada ide-ide kreatif baru. Tokoh-tokoh besar dunia banyak yang menggemari permainan berhitung cepat.

Gauss, tokoh besar matematika, terkenal sebagai orang yang mengatakan:
”Mathematic is queen of science. And queen of mathematic is arithmetic.”
“Matematika adalah ratu ilmu pengetahuan. Dan ratu matematika adalah aritmetika.”

Anda yang pernah mempelajari matematika perguruan tinggi pasti mengenal Gauss. Apalagi Anda yang belajar di teknik elektro atau fisika pasti banyak mempelajari teori Gauss. Khususnya ketika mempelajari teori medan.

Gauss terkenal sebagai kalkulator berjalan – mesin hitung berjalan. Ia dapat melakukan perhitungan cepat hanya dalam kepala. Tanpa alat bantu apa pun. Gauss mengejutkan orang-orang di sekitarnya, bahkan gurunya, ketika menyelesaikan sebuah perhitungan hanya beberapa detik. Sementara orang-orang pada umumnya membutuhkan waktu lebih dari setengah jam.

Richard Feynman adalah peraih nobel fisika yang menggemaskan. Feynman memiliki hobi terus memainkan angka-angka. Ia dikenal juga sebagai kalkulator berjalan. Bahkan ia bisa menghitung nila log 2 sampai ketelitian 7 digit di belakang koma hanya dalam beberapa detik. Ketika ditanya oleh orang-orang bagaimana cara melakukannya, Feynman menjawab, ”Saya telah menghafalnya semalam.” Itulah gaya Feynman.

Berikut ini contoh perhitungan yang disukai Feynman. Saya mengenal sebelumnya dari Trachtenberg. Dan saya sudah melakukan berbagai visualisasi dengan teknik perkalian bintang di APIQ.

 542 = 2916

552 = 3025

562 = 3136

572 = … … …

582 = … … …

Cobalah mengisi titik-titik di atas degan menebaknya. Anda pasti bisa langsung menebaknya. Berhasil? Coba lagi yang ini: 

592 = … … …

512 = 2601

522 = … … …

532 = … … … 

Tentu kita dapat menghitungnya dengan cara seperti biasa. Kita juga dapat menyelesaikannya dengan kalkulator. Tetapi apa kreatifnya? Apa asyiknya? Ini lah cara asyiknya! 

542 = 2916

29 kita peroleh dari 25 + 4

16 kita peroleh dari 42 

562 = 3136

31 kita peroleh dari 25 + 6

36 kita peroleh dari 62 

572 = 3249

32 kita peroleh dari 25 + 7

49 kita peroleh dari 72

Bagi Anda yang akan menempuh UN, SPMB, dan UMPTN 2008, teknik berhitung cepat juga dapat membantu Anda. Anda juga dapat mengembangkan teknik berhitung cepat sendiri sesuai kebutuhan Anda. Tadinya saya akan menulis teknik berhitung cepat limit dengan teorema L’Hospital. Tapi saya khawatir akan menjadi terlalu panjang. Mohon doanya agar saya dapat menulis teorema L’Hospital pada kesempatan berikutnya.

Cobalah bermain-main dengan teknik berhitung cepat!
Rasakan asyiknya!
Jaga tetap open mind! 

     
Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…

 (agus Nggermanto; pendiri APIQ)

APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

About these ads

107 responses to “Manfaat Rumus Berhitung Cepat Matematika

  1. Habat mas, semua organ manusia pada saatnya akan berhenti berkembang, namun ada satu dari organ tubuh manusia yang selalu berkembang hingga akhir hayat yakni Otak.
    dengan Matematika dunia dapat diManage. bahkan Mbah Google-pun dapat mencari padanan kata dengan cepat karena Matematika dst.
    Salam.

  2. wah sepertinya cara ni ga akurat, alias “BOHONG”
    karena setelah dicoba dengan angka lain, hasilnya tidak sesuai (NIHIL). Harusnya dikasih tau kalau hanya bilangan puluhan dengan kepala lima saja. supaya tidak “MENYESATKAN”

  3. Subhanalloh………………………
    mas, kenapa selain lima puluhan ga bisa?
    contoh :
    64 x 64 =……..
    ga nyambung dengan rumusnya

    ????????????????????????????????????????

  4. Pertama kali buka blog sampeyan, maaf mas, pusing, males! :D
    Sekarang mau enggak mau, saya musti explore blog sampeyan … soalnya anak saya sekarang sudah besar, dan sering-sering tanya saya, saya sendiri malah bingung … :D Terpaksa musti belajar di sini he he he…
    Oh ya mengenai Sakamonto, kayanya lebih banyak ke soal cerita kalau enggak salah. Soalnya tempo hari saya mau kursusin anak saya di situ.

  5. Mas Agus, ini sy Beky lg mas,sy sangat salut dan bangga sm Mas Agus,seharusnya bangsa indonesia bangga punya putra bangsa yg jago matematika dan sangat kreatif,sy sangat berminat sekali untuk mengembangkan kursus matematika APIQ,di jakarta,depok dan di tegal,krn sy orang tegal Mas Agus….?he..he..he,mudah-mudahan APIQ terkenal di seluruh indonesia,terus berkarya Mas AGUS……………….!!!!!!,

  6. rumus cepat ada +- nya, namun sblm kasih rumus cepat, perlu da penguasaan konsep awalnya dl sehingga terkesan cuma disuapin aja…

  7. Maaf Pa…

    Kenapa rumus itu tidak berlaku untuk 75^2??
    menurut rumus itu, shrsnya 49 + 5 = 54
    5^2 = 25, jadi 5425. Padahal hsilnya 5625.

    kalau rumus saya di bawah ini, bisa di kembangkan tidak?? Thanks
    75^2,
    75+ 5= 80. 80×7= 560,
    5^2 = 25, jadi 5625

    contoh lain, 85^2

    85 + 5 = 90, 90×8 = 720
    5^2 = 25, Jadi 7225 ( angka 0 di 720 itu puluhan karena angka yg dikalikan adalah puluhan “80”, jd angka 2 di 25 disejajarkan dengan angka 0 )

    Utk soal di atas 54^2,
    54+4= 58, 58 x 5 = 290
    4^2 = 16, Jadi 2916

    utuk 64^2,
    64+4= 68, 68 x 6 = 408
    4^2 = 16, jadi 4096.

    • 75^2 = 49+7=56, 5^2 = 25, jadi 5625
      atau 7 x 8 = 56, ujunnya +25, jadi 5625
      Contoh lain 85^2, 8×9 = 72, jadi 7225

  8. maaf mas………
    klo blh tau tlg kasih rms2x perkalian puluhan yang angka satuannya selain 5………krn klo pke rms nya mas klo dcoba selain angka lima g isa.klo ksh sesuatu yang jelas…biar g menyeesatkan,klo ky gini crnya pembaca KECEWA mas……….thx

  9. sugeng enjing mas………
    mas jeng evi mo nanya kl mis 78^2, rms cpt spt apa….?soalnya gn mas, kl rms cpt puluhan yang dpn / blkg nya 5 c…sdh byk yg bs ms…..thx

  10. sugeng enjing mbak…

    Pertama, kita kudu paham
    8×8 = 64
    8x7x2 = 112
    7×7 = 49

    sudah lancar perhitungan di atas?
    maka langsung aja…
    78^2 = 6084

    selamat berlatih… mbak evi…suwun.

  11. sebenarnya tidak semua kasus dalam perpangkatan bisa diselesaikan dengan metode cepat, karena masing2 punya karakteristik yang berbeda. Mohon agar hati2 dalam menggunakan rumus praktis.. sebaiknya dijelaskan pula sifat pangkat yang bagaimana yang bisa diterapkan metode cepat tersebut.

  12. saya ingin ty kalau saya mau kembangkan kursus APIQ di palembang apa syaratnya dan berapa biaya yang harus saya siapkan?thx

  13. Lumayan bagus dech mas,
    buat pembelajaran
    dan sepertinya saya kurang faham tentang rumus bintang dan yang dimaksud oleh mas apiq

    dengan sugeng enjing mbak…

    “”””Pertama, kita kudu paham
    8×8 = 64
    8×7×2 = 112
    7×7 = 49

    sudah lancar perhitungan di atas?
    maka langsung aja…
    78^2 = 6084

    selamat berlatih… mbak evi…suwun.”””””

    tolong bisa di perjelas mas
    terimakasih

  14. mungkin yang perlu dipahami ttg rumus cepat adalah syarat dan kondisinya…
    yang paling aman mungkin pake cara kamar, yang dijelaskan mas agus ke mbak evi..itu bis dipake untuk segala kondisi cuaca…

    78^2 =…
    yang harus dilakukan adalah
    mengkuadratkan angka belakang 8^2 = 64
    mengkalikan semua angka yg terlihat 7x8x2=112
    megkuadratkan angka didepan 7^2 = 49

    ini bagian pentingnya..setiap ketemu angka puluhan harus dipisah satuan dan puluhannya
    nanti akan terbentuk pola…

    4|9 11|2 6|4

    yang satu kamar dijumlahkan, satuan tetap di kamar, puluhan pindah ke kiri

    6084….kira-kira begitu

    contoh lain :

    73^2=…

    4|9 4|2 0|9 = 5329

    97^2 =

    8|1 12|6 4|9 = 9409

    kuncinya di satuan dan puluhan…
    tertantang dengan angka ratusan??

    132^2=….

  15. beda oi rumusnya
    -kalo puluhannya angka 5 berarti contoh:
    53 =
    25 + 3 =28
    3 x 3 = ii9 <<<ratusan jadi 09
    jadi 2809

    -kalo satuannya angka 5 berarti contoh
    65
    6(6+1) = 42
    5 x 5 = ii25
    jadi 4225

  16. Assalamua’laikum wr.wb
    mas,mau nanya……..
    kalo teknik berhitung jarimatika diaplikasikan kedalam matapelajaran konfigurasi elektron gimana ya???/

  17. Ping-balik: angka « i luph u·

  18. Salam hangat, apapun cara cerdik kreatif dalam berhitung, yang utama dalam matematika ialah gunakan prinsip ABC yakni Accurate, Brief dan Clear, artinya lakukan segala hal dengan cermat, singkat dan jelas, yang dilakukan melalui latihan yang pantang menyerah, Wass

  19. Rumus untuk semua kuadrat puluhan :
    puluhan kuadrat + satuan kuadrat + (2 x puluhan x satuan)
    contoh:
    1. 34 x 34 = 900 + 16 + 240 = 1156
    2. 67 x 67 = 3600 + 49 + 840 = 4489
    3. 81 x 81 = 6400 + 1 + 160 = 6561

  20. subhanallahhh,,, aku semakin bangga dengan matematika… padahal slama ini orang selalu menganggap mtk tuh menakutkan,,, padahal mtk tuh asyik yahhh,,,,

  21. banyak cara yg bisa kita lakukan untuk berhitung cepat bahkan dengan metode yg kita temukan sendiri….alhasil matematika itu semakin dipelajari malah semakin mumet..banyak soal aplikasi yg menggunakan rumus turunan padahal tidak berlaku untuk dunia nyata,,hanya putar otak….
    salam matematikawan

  22. Mungkin ini bisa membantu, cara mencari pangkat seperti soal 57^2, artinya 57 x 57, gunakan pendekatan 60.
    57 temannya -3
    57 temannya -3
    __x __x

    Tahapannya :
    1. 57 + bilangan teman, secara diagonal 57+(-3)=54
    2. Karena Pendekatan 60, hasil langkah 1 dikalikan 6, 54 x 6 = 324
    3. teman x teman = -3 x -3 = 9
    4. Hasil langkah 2 diimpitkan dengan hasil langkah 3, 3249, jadi 57 x 57 = 3249
    Atau cara lain dari 57^2
    1. 7 dipangkatkan, 7 x 7 = 49, tulis hasilnya 9
    2. 5 x 7 x 2 = 70
    3. Hasil langkah 2 dijumlah digit puluhan hasil langkah 1, 70 + 4 = 74, tulis 4
    4. 5 dipangkatkan, 5 x 5 = 25
    5. Hasil langkah 4 dijumlah digit puluhan hasil langkah 3, 25 + 7 = 32
    6. Impitkan hasil langkah 5, 3 dan 1, jadi 3249
    jadi 57 x 57 = 3249.
    Selamat Mencoba.

  23. ada nggak rumus yang konsisten selain rumus dasar. kalau setiap hanya range 40 – 60 ada rumus sendiri trus yang lain ada rumus lagi bisa2 pecah kepala menghapal rumus doang

  24. mantaaap…salam kenal..

    sy tidak begitu tertarik dengan hitung-hitungan…dan ternyata, hal ini cukup berpengaruh dengan cara hidup kita…kata kakak saya, kalo sy lebih suku penjumlahan dan perkalian saja…(taunya dari perilaku saya saja yang selalu ingin menambah dan melipatgandakan…hehehe)

    may be kapan-kapan akan saya ajak kakak saya datang kemari…
    salam hangat dari saya,…
    ^_^

    silahkan mampir ke rumah sy, di

    http://lilisariarsyad.wordpress.com/

  25. ada nggak rumus yang konsisten selain rumus dasar. kalau setiap hanya range 40 – 60 ada rumus sendiri trus yang lain ada rumus lagi bisa2 pecah kepala menghapal rumus doang
    Sangat-sangat setuju…tidak ada rumus “pasti” yang mewakili semua kejadian…..

  26. saya tertarik dengan pembinaan sempoa tersebut. ada keinginan saya untuk membuka kursus sempoa akan tetapi saya belum mengrti betul tentang sempoa itu sendiri.
    mohon penjelasannya or contact saya di 081347265041
    mhn petunjuknya

  27. Cara hitung metode apapun, selalu unggul untuk bilangan2 tertentu dan macet untuk bilangan yang lain, artinya tidak berlaku secara universal, ini justru akan memberatkan siswa, karena harus menghafal aturan2 baru…
    sama sekali tidak keren…

    Karena dalam prakteknya bilangan2 yang harus kita hitung ragamnya banyak dan bukan bilangan2 istimewa tersebut…coba aja amati cara hitung cepat manapun…pasti hanya berlaku pada bilangan2 tertente dan tidak berlaku pada bilangan2 yang lainnya….bukankah hal ini justru membebani siswa…?

  28. COntoh berikut ini :

    12+12=24
    1+1=2
    2+2=4

    Cara itu hanya berlaku pada penjumlahan yang tidak mengandung angka lebih dari 5, untuk yang mengandung angka yang lebih dari 5 tidak berlaku lagi, bukankah ini akan membebani siswa untuk mengetahui batasan berlakunya suatu metode…

    Bukankah aturan itu lebih berat daripada menghitung dengan cara biasa?

  29. Mengapa guru2 disekolah tidak mengajarkan cara hitung cepat?

    karena cara/metode hitung cepat tidak ilmiah dan tidak universal, sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan bagi keilmiahan siswa pada masa depannya…

    Ada jutaan ragam angka yang harus dihitung sementara metode hitung cepat manapun hanya berlaku pada beberapa ragam angka/bilangan saja…

  30. fauzi >> kan sudah di jelaskan diatas …

    untuk perkalian yg bilangan ke-2 nya 5 pake cara ini

    25^2 = 2(2+1)= 6

    5*5 = 25
    jadi hasilnya 625

    contoh laen

    95^2 = 9(9+1) = 90

    5*5 = 25
    jd 9025

  31. setelah aku cermati rumus kalian ternyata kedimpulannya gini :

    2 DIGIT only(kecuali 10,20,30,40,50….etc)
    untuk menghitung angka 51 – 59(kecuali 55)
    ingat jika menghitung angka 5x ^2 hasilnya pasti 4digit
    maksud saya seperti ini :

    51^2

    25+1=26
    1*1=1
    mungkin ada yg langsung 261 tp itu kurang tepat ,,
    karena 1*1=1 maka tambahkan angka 0 didepannya 1*1=01

    jadi hasilnya 2601

    59^2

    25+9=34
    9*9=81
    jadi 3481

    58^2

    25+8=33
    8*8=64

    jadi 3364

    terus untuk angka berjumlah 61-89
    61^2

    61+1=62
    62*6=372
    1*1=1

    jadi 3721

    89^2
    89+9=98
    98*8=784
    9*9=81

    jadi 7921

  32. Apa yang mr.X uraikan adalah bukti bahwa cara berhitung cepat punya banyak ketentuan..dan ketenteuan yang banyak itu bukan malah meringankan siswa…malah memberatkan dan menjadikan siswa tidak paham pada operasi bilangan yang sesungguhnya….

    Salam…

  33. Tapi tentu saja ide kreatif sangat diperlukan, hanya saja sebisa mungkin sesedikit mungkin aturan dan sesedikit metoda hitung cepat, klo bisa satu metoda berlaku untuk beberapa macam operasi bilangan, pembagian, penjumlahan, perkalian, akar, pangkat baik satu digit, dua digit dan seterusnya….

    Nah itu baru bermanfaat……

    Salam matematika

  34. Maaf klo saya banyak mengkritik, moga kritikan saya ini sebagai kritik membangun sehingga APIQ dapat memilih mana metode hitung cepat yang tidak membebani siswa…hitung cepatnya dapat namun tidak menambah beban siswa harus menghafal hitung cepat tersebut…..

    Semoga APIQ dapat menjadikan siswa2 indonesia ini paham matematika baik secara intuisi maupun formal…agar lahir ilmuwan2 dari indonesia, amin…amin.amin…maju terus APIQ

  35. Tuk DOAN dll, Untuk perpangkatan 3 atau lebih cara cepatnya?? dapat dilakukan seperti pangkat 2 yaitu mengikuti Deret Pascal, dan yang pasti harus banyak berlatih…. msh kurang jelas kontak saya, tq

  36. ya mas waktu itu APIQ dateng jauh2 dari surabaya dateng kejakarta hanya ingin memberi tahu saya anax smpn 151 gimanah cara menghiung dengan cepat menggunakan jari,tapi kok saya gax bisa bisa ya mas apa itu memakai terik yg sangat rumit.

  37. wah, wah, wah
    iya, tdi APIQ dtang k skolah sy, wlaupun sdikit yg di trngkan, tp ckup b’manfaat, sy jd bsa (insya allah) mnghitung dngan cpat ., ., .,
    thanx iya ka’ !!!

  38. Ping-balik: “Matematika Mudah” Kata Kunci yang Sedang Saya Bangun | GusNGGER·

  39. Qu puNya cara cpat uNtuK
    1) pnYeLesaiN soaL kuadrat dg angka satuan 5

    misaL:

    65^2=6×7 5×5=4225
    125^2=12×13 5×5=15625

    NB: angka 7..adaLah aNgka sesudah aNgka 6… Dan angka 13 adalah anGka sesudah angka 12..

    2) perkaLian dg aNgka puLuhan yg sejenis..

    Misal:
    25×27= 675
    => 5×7 = 35
    => 25+7= 32×2=64
    jadi, kita mnulis aNgka 5 sbg satuan trLbih dahuLu d bLkng.. Kmudian kita tmbahkan angka 3 dg angka 64 mnjadi 67,krna sbg puLuhan..maka 67 d taruh d dpn angka satuan yg sudaH d tuLis trLbih dahuLu…

  40. waktu ngikutin cara dan aturannya, saya smpat terhipnotis. setelah dipraktekkan dg angka selain contohnya, hasilnya gak bener. seperti MLM…cuma ngasih contoh yg bagus2 aja. yang error disembunyikan

  41. open your heart please…

    Dalam blog APIQ ini ada lebih dari 1.000 artikel matematika.
    Jika Anda sudah membaca 1 artikel sudah semangat itu bagus.
    Tetapi bila Anda sudah menguasai 900 artikel pasti luar biasa.

    Ayo…pantang menyerah…kamu bisa!

    Salam…

  42. Saya lebih suka sempoa, sekali menguasainya, dalam sekedip anda akan mendapatkan hasilnya, orang jepang adalah orang yg paling cepat dalam teknik berhitung karena sempoanya dilatih sejak kecil.

  43. ada rumus baruku gun….dngan menggunakan operasi hitung lewat depan kebanyakan yg kita ketahui itu kan seperti ini .. Penjumlahan
    234
    673 + 2 + 6 = 800
    3 + 7 = 100
    4 + 3 = 7 jd hsilnya adalah 907
    Perkalian
    Misal 3 4
    57 x
    5 x 3 = 150
    5 x 4 = 200
    7 x 3 = 21
    7 x 4 = 28 + jadi hasilnya adlh
    17238
    bagaimana gun bisa dikembangkan tooooh

  44. Penjumlahan

    234 + 673 = 2 + 6 = 800
    3 + 7 = 100
    4 + 3 = 7 jd hsilnya adalah 907
    Perkalian
    Misal 57 x 34 =….
    5 x 3 = 150
    5 x 4 = 200
    7 x 3 = 21
    7 x 4 = 28 + jadi hasilnya adlh
    17238

  45. 27 x 39 = 2 x 3 = 6
    2 x 9 = 18
    7 x 3 = 21
    7 x 9 = 63
    jd kita ambil angka 6 x 100 = 600
    18 x 10 = 180
    21 x 10 = 210
    63 x 1 = 63
    tinggal d jumlahkan smua = 1053
    bujti lain contoh 67 x 88 = 6 x 8 = 48
    6 x 8 = 48
    7 x 8 = 56
    7 x 8 = 56
    jd kita ambil angka 48 x 100 = 4800
    48 x 10 = 480
    56 x 10 = 560
    56 x 1 = 56
    tnggl d jumlahkan smua = 5896
    bagaimana ingin mencobanya…..? gampangkan…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s