Manfaat Dadu Milenium: Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Geometri

Maukah kemampuan matematika anak Anda meningkat dengan pesat dan cepat?
Bagaimana anak usia TK mampu menguasai matematika kelas 3 SD?
Bahkan mampu menguasai matematika kelas 6?

Semua dapat Anda raih, bahkan dengan cara menyenangkan. Anak Anda akan dengan lancar mampu menghitung luas, keliling dan volume. Hanya diperlukan waktu beberapa menit saja.

Dadu Milenium adalah permainan edukatif matematika yang akan melejitkan kemampuan matematika anak Anda. Dadu Milenium cocok untuk anak mulai usia TK sampai SD kelas 6. Manfaat Dadu Milenium adalah:

1. Hitung dasar: 1 sampai 5
Dadu Milenium akan memudahkan anak Anda menguasai perhitungan dasar 1 sampai 5. Latihlah anak Anda (mulai usia 4 tahun) menghitung banyaknya dadu. Hanya sebanyak 1 sampai 5, dengan berulang-ulang dan bergembira. Niscaya anak Anda akan lancar berhitung dasar.

2. Hitung dasar: 5 + n
Gunakan Dadu Milenium untuk meningkatkan kemampuan anak Anda. Tunjukkan dadu sebanyak 5+1=6, 5+2=7, 5+3=8, 5+4=9, 5+5=10. Latihlah perhitungan bilangan-bilangan di atas. Setelah lancar, variasikan dengan angka lain semisal 4+4 = 8 atau lainnya.

3. Hitung dasar: sampai 20
Rangkailah 10 dadu menjadi sebuah puluhan. Kemudian latih anak Anda untuk menghitung 10+n, seperti 10+1 = 11, 10+2 = 12, dan lain-lain. Setelah lancar, perkenalkan anak Anda dengan 6+6 = 12, 7+7 = 14, dan yang sejenisnya.

4. Pengurangan dasar
Setelah anak Anda lancar dengan penjumlahan dasar, tiba waktunya untuk memperkenalkan pengurangan. Latihlah anak Anda secukupnya saja dalam pengurangan. Anak Anda tidak harus mahir benar pada tahap ini. Nanti, pada waktunya, ia akan menguasai konsep pengurangan lebih mahir.

5. Perkalian dasar: 2, 3
Tantangan berikutnya yang paling disukai anak-anak adalah perkalian. Perkenalkan anak Anda hanya konsep perkalian dengan bilangan 2 atau 3. Contoh 2×3 = 6, 2×4 = 8, 2×5 = 10, 3×2 = 6 dan lain-lain.

6. Perkalian dasar: 4, 5, 1, 0
Setelah lancar naikkan tantangan dengan perkalian 4 atau 5. Setelah itu baru perkenalkan dengan perkalian 1 atau 0. Hati-hati dengan perkalian 1 atau 0. Meski tampaknya mudah, tetapi sebenarnya agak sulit bagi anak-anak.

7. Perkalian dasar 10
Rangkailah 10 dadu menjadi sebuah puluhan. Buatlah beberapa puluhan. Kemudian perkenalkan anak Anda dengan perkalian 10. Contoh 2×10 = 20, 3×10 = 30. Mudah bukan. Anak Anda akan menyukai perkalian 10 ini.

8. Perkalian dasar sampai 100
Setelah anak lancar, baru perkenalkan anak dengan perkalian yang lebih bervariasi. Contoh 6×6 = 36, 7×7 = 49 dan lain-lain. Anak Anda hanya cukup mengenalnya. Tidak harus mahir. Sambil jalan, anak Anda akan sedikit demi sedikit menghafalnya. Jangan dipaksakan untuk menghafalnya. Dukunglah agar hafalannya bertambah sedikit demi sedikit.

9. Menghitung luas segi empat
Perkenalkan anak Anda dengan konsep luas.
Susun dadu (kubus) membentuk segi empat ukuran 2 x 4.
Hitung banyaknya dadu.
Luas = panjang x lebar = banyaknya dadu
Perkaya dengan ukuran segi empat yang beragam. Termasuk persegi (bujur sangkar).

10. Menghitung keliling segi empat
Perkenalkan anak Anda dengan konsep keliling.
Susun dadu (kubus) membentuk segi empat ukuran 2 x 4.
Hitung sisi dadu mengelilingi segi empat.
Keliling = panjang+lebar+panjang+lebar
Perkaya dengan ukuran segi empat yang beragam. Termasuk persegi (bujur sangkar).

11. Menghitung volume balok dan kubus
Perkenalkan anak Anda dengan konsep volume.
Susun 2 segi empat masing-masing ukuran 2×2
Tumpukkan satu segi empat di atas segi empat lain
Hitung banyaknya dadu
Volume = panjang x lebar x tinggi = banyaknya dadu
Perkaya dengan ukuran balok yang beragam. Termasuk kubus.

12. Kembangkan motorik halus
Dukung anak Anda untuk menyusun dadu secara mandiri. Mengambil dan menyusun dadu membantu perkembangan motorik halus anak Anda.

13. Kembangkan kecerdasan spatial
Dukung anak Anda mengenal berbagai susunan dadu. Semakin banyak dadu yang Anda miliki, semakin banyak variasi yang dapat Anda buat. Latihan ini akan mengembangkan kecerdasan spatial anak Anda.
14. Kembangan ketangkasan arsitektur
Dukung anak Anda untuk berkreasi membentuk berbagai bentuk bangunan atau benda menggunakan tumpukan dadu. Anda dapat membuat rumah-rumahan, mobil-mobilan atau kreasi lainnya. Latihan ini akan mengembangkan ketangkasan arsitektur anak Anda.

Lakukan setiap latihan di atas secara bertahap. Tetap jaga suasana ceria. Ini adalah permainan. Setiap anak menyukai permainan. Orang tua juga suka permainan. Ini permainan yang berbonus pemahaman konsep matematika. Lebih tepatnya pemahaman konsep matematika secara cepat.

Masih banyak lagi peluang untuk megembangkan kreativitas putra-putri kita dengan menggunakan dadu. Lakukan berbagai eksperimen dengan anak Anda. Selamat bermain! Salam sukses Anda dan anak Anda!

Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat….

(agus Nggermanto; pendiri APIQ)

APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau (022) 2008621 atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

About these ads

5 responses to “Manfaat Dadu Milenium: Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Geometri

  1. Bagaimana cara mengajar konsep volum kubus dan balok sesuai tahap enaktif,ikonik,simbolik dengan metode penemuan memanfaatkan aquarien dan kubus kayu untuk menemukan konsep kubus dan balok. tolong kirim kan ke email saya ya trims.

  2. Ping-balik: Dampak Aritmetika Jari, Sempoa, atau Jarimatika « APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s