Rumus Cepat Matematika (Aljabar) Menjadi Idaman

Anak-anak sangat menyukai matematika. Mereka minta terus dikasih soal. Saya sendiri heran, mengapa mereka begitu semangat?

“Lagi Pak. Kasih soal lagi Pak!” anak-anak menantang saya.
“306 x 303 = …” saya keluarkan soal.
“Sembilan…dua tujuh…delapan belas!” jawab mereka ramai-ramai.
“Maksudnya berapa?”
“92718”
“Betul!”

Anak-anak yang terdiri dari kelas 3 sampai kelas 5 SD itu senang menemukan cara berhitung cepat perkalian ratusan kali ratusan. Bagi mereka itu adalah rumus cepat matematika yang diidam-idamkan.

Anak-anak SMA yang menjelang UN, SPMB, dan UMPTN 2008 juga tidak kalah semangat. Jika mereka memperoleh rumus matematika cepat untuk UN, SPMB, dan UMPTN maka matanya langsung berbinar-binar. Wajahnya berseri-seri.

Saya sering mengatakan kepada mereka,
”Maukah kalian dapat soal bonus?”
”Apa itu soal bonus?”
”Soal UN, SPMB, atau UMPTN yang selalu dapat kamu selesaikan dengan mudah.”
”Ya maulah…”
”Limit.”

Limit kan sangat abstrak dan sulit? Bagaimana bisa dikatakan sebagai bonus? Itulah intinya. Limit adalah ide fundamental dalam kalkulus. Karena limit sangat kaya akan variasi dan abstrak bagi orang awam, maka limit hanya diperkenalkan bagian dasar saja untuk anak tingkat SMA. Jadi limit tingkat SMA tentu yang mudah-mudah saja. Limit adalah bonus.

Sekedar contoh rumus cepat untuk limit. Kadang orang menyebut rumus cepat sebagai trik cepat, fastest solution, king of fastest, atau rumus sesat. Boleh-boleh saja.

Soal berikut ini sangat mudah. Sudah pernah diujikan untuk tes masuk ITB sejak tahun 70-an. Tetapi entah mengapa, soal limit tipe ini tetap sering diujikan sampai sekarang. Benar-benar bonus untuk kita.

Untuk limit x menuju 0 hitunglah

(tg5x)/(sin3x) = …

Bagi orang awam jawabannya sangat mudah yaitu 5/3.
Apakah Anda yakin itu jawaban yang benar?
Banyak anak-anak karena ragu, karena dirasa terlalu mudah, malah tidak mau menjawab dengan 5/3.

Mari kita diskusikan!

Untuk membahasnya kita perlu ke dasar-dasar limit trigonometri. Sudah banyak dibuktikan dalam buku-buku bahwa untuk limit x menuju 0 berlaku:

(sinx)/x = 1;
(tgx)/x = 1;

Biasanya anak-anak harus hafal rumus di atas. Bagi saya rumus ini adalah rumus cepat limit. Tetapi rumus ini beruntung. Ia tidak pernah disebut sebagai rumus sesat. Ia mendapat gelar kehormatan sebagai rumus dasar limit trigonometri.

Dengan rumus dasar limit trigonometri ini kita akan memecahkan

(tg5x)/(sin3x) =
[(tg5x)(5x/5x)]/[(sin3x)(3x/3x)] =
[(tga)(a/a)]/[(sinb)(b/b)]

dengan a = 5x dan b = 3x;
gunakan rumus dasar trigonometri:

[1.a]/[1.b] =
[5x]/[3x] =
= 5/3 (Selesai)

Kita peroleh jawaban 5/3 sesuai tebakan awal kita.
Apakah kita selalu boleh melakukan tebakan semacam itu?
Boleh.

Tebakan ini sah. Kita mendasarkan pada rumus dasar limit trigonometri dengan menambah satu langkah implikasi.

Karena (sinx)/x = 1 maka (sinx) = x;
karena (tgx)/x = 1 maka (tgx) = x.

Jadi rumus dasar trigonometri yang kita hafal adalah

sinx = x;
tgx = x.

Dengan sedikit mengubah cara pandang ini akan membawa keberuntungan besar pada UN, SPMB, UMPTN 2008. Siswa-siswa SMA, mestinya tidak asing dengan cara pandang ini. Kita telah memakai cara pandang ini ketika menghitung interferensi gelombang Young dalam fenomena fisika.

Jadi bila kita terapkan ke soal di atas:
(tg5x)/(sin3x) = 5x/3x = 5/3 (Selesai).

Rumus cepat di atas akan semakin bernilai bila bentuk soalnya semakin rumit seperti
(2x + tg3x)/(x + sin7x) =…
(2x + 3x)/(x + 7x) = 5/8 (Selesai).

Rumus cepat matematika bukan hal baru. Dalam sejarah matematika tercatat bahwa masyarakat memang mengidolakan rumus-rumus cepat matematika. Saat itu rumus-rumus cepat tidak dipandang sebagai rumus sesat. Pun yang menguasai rumus-rumus cepat adalah para ahli matematika itu sendiri.

Pada tahun 1535 Tartagtila mengikuti pertandingan berhitung cepat. Ia melawan murid dari seorang profesor matematika ternama. Tartagtila tidak begitu dikenal di dunia matematika waktu itu. Ia mempelajari matematika nyaris secara mandiri. Tetapi Tartagtila memiliki keistimewaan: ia memiliki rumus cepat untuk memecahkan persamaan polinom pangkat 3.

Aturan pertandingan itu sederhana. Masing-masing peserta menuliskan 30 soal matematika. Kemudian soal itu diserahkan kepada lawan untuk diselesaikan. Siapa saja yang mampu menyelesaikan soal lebih awal dan benar maka ia sebagai pemenang.

Setelah 2 jam pertandingan berlangsung. Tartagtila berhasil menyelesaikan seluruh 30 soal yang dihadapinya. Sedangkan lawannya belum mampu menyelesaikan soal satu pun. Tartagtila mampu menyelesaikannya karena menggunakan rumus cepat. Sedangkan lawannya tidak memiliki rumus cepat.

Tartagtila meraih berbagai kehormatan setelah pertandingan itu.

Rumus cepat adalah terhormat.

Bagaimana jika terjadi komersialisasi rumus cepat? Saya tidak tahu jawabannya.

O iya, saya jadi ingat dengan berhitung cepat yang paling awal tadi bagaimana caranya?
Bagaimana seorang anak kecil dapat menghitung 306 x 303 luar kepala?

Caranya mudah!
Bagi anak SMP sudah mengenal bahwa
(x+2)(x+3)=
x.x + (2x+3x) + 2.3 =

Mirip dengan itu caranya:
306 x 303 =
9 (dari 3×3)
27 (dari 6×3 + 3×3)
18 (dari 6×3)
Kita peroleh jawaban 92718.

Contoh lain
207 x 304 = …
6 (dari 2×3)
29 (dari 7×3 + 2×4)
28 (dari 7×4)
Kita peroleh 62928.
  

Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat….

(agus Nggermanto; pendiri APIQ)

APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau (022) 2008621 atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

About these ads

232 responses to “Rumus Cepat Matematika (Aljabar) Menjadi Idaman

  1. Kami doakan reza fauzi lulus UAN dengan nilai terbaik…Amin…

    Visi misi APIQ:
    Mencerdaskan anak-anak melalui petualangan matematika.

    Lebih lengkap akan kami uraikan dalam tulisan berikutnya.

    Terimakasih aflah dan reza fauzi

  2. As.wr.wb. tolong saya minta rumus cara berhitung cepat. saya memerlukannya untuk saya bekerja dan untuk kegiatan di rumah tangga.
    was.wr.wb

  3. bagaimana kalau perkalian 534*234….?????
    apa jg kita pakai cr yang tadi atw ada cr laen???
    klu pakai cr yang td gmn caranya????

  4. Niat anda sangat mulia.menjadikan matematika sebagai suatu pembelajaran yang sangat ajaib dan indah..

    Namun, sebagai sesama pemerhati matematika(walaupun bukan pendidikan), alangkah baiknya jika agak sedikit dipisahkan pengertian aritmatika dengan matematika. Karena Matematika tidak hanya untuk berhitung. Sedangkan Aritmatika memang ilmu BERHITUNG

    Dan diharapkan pula agar admin bisa merinci penjelasan penurunan rumus.
    Kami khawatir siswa tidak mengerti asal-muasal(syarat penggunaan rumus) dan (bisa) asal pakai rumus, sehingga alih2 menjawab dengan benar malah menjawab dengan salah.

    seperti ungkapan sin(x)=x. Saya khawatir akan dijadikan rumus identitas, karena hal ini HANYA berlaku untuk x mendekati 0. .selanjutnya, mungkin berlanjut di edisi berikutnya..
    terimakasih

    • benar sekali.hal ini bukannya memberikan kemudahan pada org2 yg masih awam dlam mtk tetapi malah akan menjerumuskan.karena tidak untuk semua perkalian 3 digit angka dengan nol di masing2 tengahnya bisa dengan cara seperti itu.seperti 101 x 102 = …. atau 503 x 207 = …. mohon di ulas juga kalau misalnya ada angka2 pengecualian untuk rumus cepat di atas.trims..

  5. terimakasih atas tanggapan semuanya.

    teknik d atas dg sdkt modifikasi dpt u mhitung 3 digit x 3 digit tanpa 0 d tengah.

    sy akan menulisnya pd postingan berikutnya. trims.

  6. Pak, kalau ngajarin dengan rumus cepat itu, anak-anak sebetulnya hanya hafal caranya saja (tanpa pemahaman) atau mereka sudah mengerti sebelumnya, Pak?

    Kalau hanya hafal cara, terampil mengerjakan tanpa dilandasi pemahaman, saya merasa sangat kasihan sama anak-anak.

    Kalau begitu terus, matematika serasa sangat kering, tidak bermakna. Matematika akan terus dianggap sebagai sesuatu yang prosedural, algoritmik.

  7. Setuju!

    Kita perlu memilih metode paling efektif untuk mengajarkan matematika kepada Anak.

    Learning by doing banyak membantu dalam mengajarkan matematika. Beri kesempatan anak kita melakukan sesuatu kemudian bantu mereka untuk memahaminya.

    Dengan cara ini belajar matematika menjadi lebih hidup, kreatif, dan menyenangkan.

    Trims, mathematicse!

  8. (bagaimana mengerjakan dengan metode rumus cepat sbb :

    (x+2)(x+3)=
    x.x + (2x+3x) + 2.3 =

    untuk soal 215 x 312 ??
    saya ibu pekerja & ibu rumah tanggan, tapi saya suka matematika

    ditunggu jawabannya, terimakasih. Dyah

  9. saya sangat suka blog ini sangat bagus untuk orang tua mengajari anaknya ,cia yoo pak!
    jangan lupa posting cara yg lebih mudah dipahami oleh anak SD-SMP.
    thanks u All.

  10. assalamualaikum…
    akh…bentar lg fany maw UAN.rencana’y uda lu2s sma, fany mw msuk stan. uda 3x ikut TO stan, tnyata soal2 mtematka’y tu lbih bnyak logika, trus yg pling pnting adlh kcepatan ngisi’y, jd, fany mw mnta cara2 t’cepat bwt ngitung soal2 logika gtu…
    makasi sblumnya…

  11. salam sukses….matematika hanya bisa dipelajari dengan cinta,,,,karena dengan cinta segala jadi mudah.hehehe

  12. Hi there… kl blh, blh g sy mnta soal2 math yg tricky but fun, yg bykan make logika drpda rumus, yg bs diterapkan ke soal2 math biasa di klas. buat ank2 smp3 and sma… =) thx
    Gbu

  13. micoem . . . han pngen lnjutin kuliah mnta cra cpat buat slesaiin soal logika dong . . . and aljabar
    mksh . . .

  14. Waaaaahhhhh,hebat……

    matematika mank paling asyik deh wat d’pelajari

    apaLagi ada rumus yg prktis gtu……

    pzti org yg gak ska Matematika jd ska dch,,?!!!

    sukses terus ywh . . . . . . .

  15. aljabar adalah pelajaran yg sgt nisa sukai denga adanya trik2 yg memudah kn untk siswa2 belajar matematika nisa hrp dng sprtr in bnyk ank2/siswa suka matematika.

  16. Cara-cara Anda menakjubkan, sayang banyak guru2 di sekolah lebih melakukan cara yang tidak menarik, bahkan suka membuat soal yang sangat sukar, sehingga murid2 jadi phobi matematik terutama di klas X SMA tentang Akar2 dan logaritma yang aneh2, kata cucu saya sampai jawabannya yang dijelaskan guru penuh dalam 3 whiteboard, Salam hangat

  17. Pak Hussain, Anda pasti seorang kakek yang hebat!

    Pak Hussain dengan teliti memahami kebutuhan cucunya.

    Mohon doanya agar kami di APIQ dapat menebarkan matematika kreatif kepada seluruh guru dan siswa. Sehingga matematika menyenangkan dan mengagumkan.

    Salam hangat…

  18. Selamat berbuka, cucu saya lapor hasil testnya hanya dapat 61, nilai yang tidak pernah dia raih, sebaba sejak SD selalu di atas 90, tapi ada 2 temannya yang dapat 100 namun banyak yang nilainya < 30, lain kali akan saya tuliskan soal ujiannya model akar bersusun-susun & log, gurunya mau saya kasih soal log yang nilai akarnya hanya bisa di hitung dengan GOAL-SEEK di Excel, melalui Iterasi, tapi ibunya khawatir, nanti gurunya dendam, Gimana ya dengan guru2 seperti ini ? Wassalam.

  19. sumpah saya juga lagi kesulitan belajar matematika apalagi ditambah gurunya yang kagak banget dah jd mohon solusinya donk……….

  20. wow .. makash ats penjelasan mamtematika aljabar.. apa lagi pake cerita

    membantu sekali buat aku yg baru duduk di kelas satu smp dan buat aku yang baru belajar aljabar di skull

    one more .. thank’s

  21. wizzit…. matematika mank seru abiss!!!
    doain aku ya biar hasil ulangan matematika ku bagus selalu???!!!

    oya… doain aku jga biar bisa kepilih ikt lomba matematika
    yg pernah bu nana (gru matematika ak di smp) beri tahu…

  22. klo misalnya w lagi bt pasti bt w ilang klo udah ngerjain mtk
    dunia w ntu matematika
    meskipun w gak terlalu bisa mtk tapi w seneng ma ntu pelajaran soalny banyk banget teka tekinya disitu
    duh mudah mudahan w bisa jadi master of mathematika
    amien amien dh

  23. selamat sore…

    beberapa bulan yang lalu, saya melihat di website ini ada buku APIQ (ARITMATIKA QUANTUM).
    Bisa gak, saya megetahui pokok bahasan pada tiap bab dari buku itu?
    terima kasih…

  24. saya blm jls dgn maksudnya jabarkan dalam aljabar misalkan (a+b) (a+b) klu guru sy menerangkan (a x a)+(a x b)+(b x a)+(b x b) apakah rumus yg di brkan guru saya itu benar??
    saya bs tp klu srh menerangkan saya blm bs.Bagaimana solusi yg tepat?!!!!!
    Terima Kasih

  25. mtk menyebalkan tahu gak karna aku
    gak kesampaian mempelajarinya disebabkan suatu alasan yg menyebalkan aku meninggalkan mtk selepas smp sampe skrg q sangat menyesal waktu smanya gak ada wktu tuk memperdalam mtk ada yg bisa membantuku?

  26. Mas,mo nanya nih,ada gak ya sofware untuk menulis ekspresi matematika seperti pada buku pelajaran sekolah? Kalo di MS Word kan ada Microsoft Equation. Nah Kalo untuk penulisan di blog gimana…? Kalo hasil penulisan di Ms Equation bisa disisipkan di blog…?

  27. Menurut hemat saya, cara cepat tidak membuat siswa menguasai matematika. Matematika adalah seni berfikir dan seni berhitung, bukan kumpulan rumus-rumus atau kumpulan resep-resep semata. Untuk menguasai matematika, siswa perlu dibiasakan mau berfikir dan bernalar secara logis dan sistematis. Mengajarkan cara cepat atau cara praktis secara instan sebelum siswa memahamami konsep yang mendasarinya justru dapat merusak motivasi belajar siswa. Siswa yang terbiasa diberi cara cepat cenderung malas ketika diajak bernalar yang rumit dan cenderung tidak sabar ketika menerima penjelasan konsep. Mereka cenderung hanya minta dikasih cara cepatnya saja tanpa mau peduli konsep dan penalarannya. Kalau hal seperti itu dibiarkan atau dilestarikan, siswa akan cenderung menjadi seperti mesin hitung saja. Di sisi lain, kemampuan siswa untuk bernalar, menganalisa, dan mensintesa yang notabene lebih utama dibandingkan menghitung justru tidak dapat berkembang jika siswa diberi cara cepat terlalu dini. Jadi harap hati-hati dalam memberikan sesuatu kepada siswa, pertimbangkan juga efek jangka panjangnya. Terimakasih dan salam eksperimen.

  28. Salam kenal mas Paijo, setuju banget dengan pendapat Anda, tetapi para guru Mat harus juga berani memperkenalkan trik2 yang kreatif dan jangan suka mmemberi soal2 yang terlalu sukar, lihat soal2 test msk PT, hampir tdk ada yang sangat rumit/ muskil, Wassalam

  29. matematika emang hebat banget dah,, apalagi kalo udah nguasai materinya.
    Oya mau tanya biar anak mau belajar matemmatika gimana ya,, sodara saya dia tuh susah banget buat belajar matematika. masih kecil baru kelas 2 SD. Sebenarnya gampang, tapi waktu dia bekonsentrasi hanya sebentar. Jadi kalo dia udah gak mau belajar, semua materi yang saya ajarkan ke dia gak masuk. Buat jawab 2 x 4 aja susah banget.
    mohon bantuannya. Trimakasih

  30. Terima kasih Irfan atas pertanyaanya.

    Dapatkah lebih lengkap datanya?

    Dua variabel belum diketahui y dan p.
    Hanya satu persamaan diketahui y = 4^9^p

    Maka solusinya adalah trivial.
    Salam…

  31. Di FreeHarta.com anda akan mendapatkan penghasilan
    milyaran rupiah tanpa perlu bekerja keras!
    Menggunakan sistem otomatis yang pasti akan menghantarkan
    anda menjadi seorang milyuner!

  32. Maaf pak saya Sholihin
    Mau bergabung juga nih

    Kalau perkalian 306 x 303 yang lalu saya sudah mengerti. bagaimana kalau angka di tengah tidak nol, misalnya 324 x 342 = ? . Apakah sama caranya.

    Hormat saya.
    Sholihin, Balikpapan

  33. sebenarnya saya tidak suka sama mtk semenjak saya bergabung di computer saya senang tapi kok gk ada nolnya?…

  34. saya suka banget sama mtk sukaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    banget apa lagi teman saya yang bernama epi sebentar lagi pasti ada komentarnya

  35. saya ingin tahu apasih gunanya aljabar bagi kita semua,misalnya klu kita pintar aljabar,jabatan apa yang akan kita dapat kelak………….atau pekerjaan apasih yang kita dapat””””””””””””

  36. saya tanya sama dengan bpk. solikhin,,, gimana bila kedua nilai yang dikalikan iyi beda angka tengahnya,,,??? contoh ; 304 x 214 = …….???? tlg d jawab za… q pengan tau metode tercepanya….

  37. kak demi kecintaanku pada matimatik aku inagin skolah d unev aindonesia , Karna di sana lebih banyak orang handal . tapi keinginanku terhalang hanya karna sebuah materi, kini rasa itu aku pendam sampai aku mengenal yang namanya internet , berawal dari itulah aq mulai membangun kembali cita-cita ku yang dulu ,, makasih kak,,,

  38. belajar matematika sesungguhnya sangat gampang2 susah2 tergantung kita bisamemahami dan bagimana rumus2 trsb dibuat sngat rinkas jadi orang2 tidak bingung contoh yang sangat mudah tapi siswa sering bingung
    contoh.
    23^2 – 21^2=………..? pasti kita bingung iyakan ha……
    itusangat simple baget
    (23 +21) x (23 -21)
    ( 44 ) x ( 2)= 88 kalo tidak percaya coba sendiri itu baru bagus dan fun he……… prikitivu….

  39. WOOOOOOOOOOOIIIIIIII,, MMMAAAANNNNNNAAAAAA SECHHHHHHHHHHHH RUMUSSSSSSSSS NNNYYYYYAAAAAAAAAA??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? :(

  40. Ping-balik: aljabar | Willystresboy's Blog·

  41. ni emng ny cuma bsa 3 digit ?
    klo 4 tau 5 digit atau lebih?
    klo soal ny gini 249 x 149 = ?
    klo soal di atas kn msti tngah2 nya 0 !
    klo tngh2 ny bkn 0 gmn ?
    Tolong Info nya !

  42. maaf ka saya mau tanya?
    donk ^_^
    ini yang mau saya tanya dulu sama guru -guru saya di sekolah tapi saya ga berani takut saya malah di ketawain sama teman – teman
    ini soalnya ka
    kenapa sich
    1 + 1 =2 kenapa ini ga satu
    1 x 1 =1 kenapa ini ga dua
    tx ka,maaf bukannya saya mau ngetes tapi ingin tahu kenapa hasilnya itu
    GBu

  43. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA…………………………………………………. NILAI KU 100 YYYYYYYYYYYYYYYYYEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

  44. runus cepat di atas memang sip,,,cuma ,,,coba kalu kita beri perubahan sedikit pada contoh penghitungan anak SD td,,,kalau kita ubah sedikit dari 306×303 menjadi 386×383 =…
    tetap menggunakan runus cepat yang dipakai tadi,,apakah hasilnya sesuai dengan hasil sebenarnya,,,?????????

    salam terhangat
    mikha

  45. saya masih bingung dengan aljabar ( guru saya sering tidak masuk ke kelas ) . saya minta rumus al jabar ya, hehe saya masih kelas VII SMP

  46. hy tolong kasih tau donk rumus cpat untuk matematika,,,,,,,,,

    coz bntar lgi mau mlaksnakan ujiannnnn

    please krm ke
    fb; myieftha az

  47. Thanqs WAt quru mtq yank dha baeq ngajarin qu mpek pinter aljabar nya ,,,

    ” i luv guru qu ”
    (qaya qu ,,, pdhal aqk budu lha )
    :D <3 :) :0

  48. Ping-balik: 2010 in review | APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  49. Diketahui x adalah 2 digit yang nilainya 13/4 dari jumlah digit – digitnya. Jika 36 ditambahkan dgn x maka menghasilkan digit yang sama tetapi dalam bentuk kebalikannya

    mohon di jawab dan berikan caranya

  50. ya allah knpaaaaaaaaaaaaaaaaaa coba itu begitu gampang
    ya allah hambamu ini sangattttttttttttttt susahg untuk mengerjakan soal aljabar ini :P :) :(
    :* :D
    <(")
    (^^^)
    :putnam:

  51. Ping-balik: Rumus Cepat Matematika (Aljabar) Menjadi Idaman | putrilawiyuniarti·

  52. aku itu termasuk orang yang suka matematika
    tapi baru kali i ni mengalami hal yang sama sekali aku gak mengerti semoga dengan belajar ini aku ngerti!
    sama bisa belajar PtLSV dan PLSV

  53. sangat bagus pembelajarannya.

    permisi pak saya ingin bertanya. selain angka 0 (nol) ditengah kira” bisa tidak pak atau ada caara lain untuk menghitung angka yang tidak harus monoton ditengah ada angka 0 (nol) ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s