Metode Belajar Matematika: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika

“Bagaimana cara belajar matematika yang benar?”
“Belajar matematika adalah belajar hidup. Matematika adalah jalan hidup.”

Trachtenberg mempertaruhkan jiwanya menentang Hitler. Trachtenberg, setelah menyelami prinsip-prinsip matematika, menyimpulkan bahwa prinsip kehidupan adalah keharmonisan. Peperangan yang terus berkobar, menyulut kebencian tidak sesuai dengan prinsip-prinsip matematika. Matematika adalah keindahan.

Atas penentangannya ini, Hitler menghadiahi Trachtenberg hukuman penjara. Bagi Trachtenberg, perjara bukan apa-apa. Di dalam penjara, dia justru memiliki kesempatan memikirkan matematika tanpa banyak gangguan. Karena sulit mendapatkan alat tulis-menulis, Trachtenberg mengembangkan pendekatan matematika yang berbasis mental-imajinasi.

Seribu tahun sebelum itu, AlKhawaritzmi mengembangkan disiplin matematika baru: aljabar. AlKharitzmi beruntung hidup dalam lingkungan agama Islam yang kuat. Ajaran Islam, secara inheren, menuntut keterampilan matematika tingkat tinggi. Misalnya, Islam menetapkan aturan pembagian waris yang detil. Pembagian waris sistem Islam melibatkan banyak variabel matematis. Variabel-variabel yang beragam ini menantang penganut Islam – termasuk AlKhawaritzmi – untuk mencari pemecahan yang elegan.

Pemecahan terhadap sistem persamaan yang melibatkan banyak variabel ini membawa ke arah disiplin baru matematika: aljabar. AlKhawaritzmi menulis buku khusus tentang aljabar yang sangat fenomenal. Buku yang berjudul Aljabar ini menjadi panutan bagi matematikawan seluruh dunia. Sehingga nama AlKhawaritzmi menjadi dikenal sebagai Aljabar AlKhawaritzmi (Algebra Algorithm).

Sistem kalender Islam yang berbasis pada komariah (bulan, lunar) memberikan tantangan tersendiri. Penetapan awal bulan menjadi krusial di dalam Islam. Berbeda dengan kalender syamsiah (matahari, solar). Dalam kalender syamsiah, kita tidak begitu sensitif apa berbedaan tanggal 1 Juni dengan 2 Juni. Tetapi pada sistem komariah, perbedaan 1 Ramadhan denga 2 Ramadhan berdampak besar.

Itulah sebabnya, astronomi Islam dapat maju lebih awal. Astronomi memicu lebih berkembangnya teori trigonometri. Aturan sinus, cosinus, dan kawan-kawan berkembang pesat di tangan para astronom Islam waktu itu.

Ajaran agama Islam adalah jalan hidup. Untuk bisa melaksanakan ajaran Islam diperlukan matematika. Matematika menjadi jalan hidup.

Sehebat itukah peran matematika?
Haruskah kita mengambil matematika sebagai jalan hidup?

Tidak selalu! Tidak semua orang perlu mengambil matematika sebagai jalan hidup. Tidak harus semua orang meniru AlKhawaritzmi dan Trachtenberg.

Beberapa orang belajar matematika hanya untuk kesenangan. Beberapa orang yang lain belajar karena kewajiban. Ada pula yang belajar matematika agar naik jabatan. Ada juga agar lulus UN, SPMB, UMPTN. Ada juga untuk menjadi juara.

Masing-masing tujuan, berimplikasi kepada cara belajar matematika yang berbeda. Misalnya bila Anda belajar matematika untuk kepentingan lulus UN, SPMB, UMPTN 2008 akan berbeda dengan belajar untuk memenangkan olimpiade matematika.

Matematika UN, SPMB, UMPTN 2008 hanya menerapkan soal pilihan ganda. Implikasinya Anda hanya dinilai dari jawaban akhir Anda. Proses Anda menemukan jawaban itu tidak penting. Jadi Anda harus memilih siasat yang cepat dan tepat.

Gunakan berbagai macam rumus cepat dalam matematika. Rumus cepat ampuh Anda gunakan untuk UN, SPMB, UMPTN. Tetapi rumus cepat matematika tidak akan berguna untuk olimpiade atau kuliah kalkulus kelak di perguruan tinggi. Anda harus sadar itu.

Contoh rumus cepat matematika yang sering (hampir selalu) berguna ketika UN, SPMB, UMPTN adalah rumus tentang deret aritmetika.

Contoh soal:
Jumlah n suku pertama dari suatu deret adalah Sn = 3n^2 + n. Maka suku ke-11 dari deret tersebut adalah…

Tentu ada banyak cara untuk menyelesaikan soal ini.

Cara pertama, tentukan dulu rumus Un kemudian hitung U11. Cara ini cukup panjang. Tetapi bagus Anda coba untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konsep deret. Rumus Un dapat kita peroleh dari selisih Sn – S(n-1) .

Cara kedua, sedikit lebih cerdik dari cara pertama. Kita tidak perlu menentukan rumus Un. Karena kita memang tidak ditanya rumus tersebut. Kita langsung menghitung U11 dengan cara menghitung selisih
S11 – S10 = U11
[3(11^2) + 11] – [3(10^2) + 10]
= 3.121 – 3.100 + 11 – 10
= 3.21 + 1
= 64

Cara ketiga, adalah rumus matematika paling cepat dari kedua rumus di atas. Tetapi sebelum menerapkan cara ketiga, kita harus memahami konsepnya terlebih dahulu dengan baik.

Are you ready?
Bentuk baku dari n suku pertama deret aritmetika adalah
Sn = (b/2)n^2 + k.n
Un = b(n-1) + a
a = S1 = U1

Anda harus pahami konsep di atas dengan baik. Cobalah untuk beberapa soal yang berbeda-beda. Tanpa pemahaman konsep yang baik, rumus cepat ini akan berubah menjadi rumus berat.

Dengan hanya melihat soal (tanpa menghitung di kertas) bahwa
Sn = 3n^2 + n

Kita peroleh
b = 6 (dari 3 x 2)
a = 4 (dari S1 = 3 + 1)

U11 = 6.10 + 4 = 64 (Selesai)

Semua perhitungan di atas dapat kita lakukan tanpa menggunakan alat tulis. Semua kita lakukan hanya dalam imajinasi kita. Ulangi beberapa kali. Anda pasti akan menguasainya dengan baik.

Trik untuk menguasai rumus cepat matematika adalah kuasai pula rumus standarnya – rumus biasanya. Dengan menguasai dua cara ini Anda akan semakin terampil menggunakan rumus cepat matematika.

Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat….Selamat berjuang Kawan!

(agus Nggermanto; pendiri APIQ)
*ingin lebih kreatif? silakan kunjungi tulisan saya yang lain.
APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK), SD, SMP, SMA, sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ membuka peluang bagi Anda yang berminat membuka cabang franchise. Anda dapat menghubungi APIQ di apiq.wordpress.com atau (022) 2008621 atau 0818 22 0898 atau quantumyes@yahoo.com . APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

About these ads

310 responses to “Metode Belajar Matematika: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika

  1. oh iya klo boleh tahu apiq ini sudah mempunyai berapa cabang & di mana saya bisa mengunjunginya.

    ama satu lagi dech sebenarnya untuk memepelajari mtk itu sulit atau gampang yach.
    thank’s

  2. Ping-balik: Ujian telah tiba « SMP PUTRI LUQMAN AL HAKIM·

  3. APIQ saat ini baru ada 2 kantor.
    Jl Picung 109 dan Jl Bawean 2 Bandung.
    Silakan berkunjung ke APIQ.

    Jika memungkinkan sekalian ajak putra-putrinya agar bisa sambil main dan belajar di sana. Coba gratis kok.

    Untuk mengingat rumus yang cepat ada berbagai macam cara.
    1. Dengan memahami rumus itu sendiri
    2. Membuat asosiasi yang mudah bagi rumus itu
    3. Berlatih menggunakan rumus tersebut.
    dan lain-lain.

    Terimakasih.

  4. jagalah hati jangan kau nodai, gue ngak ngerti coba dong diulangi…!!^_^
    ka’ coba donk buka cabang di makazzar , pasti banyak yang join, suerrr!!!

  5. Pak Agus,
    Aku dan istriku termasuk golongan yang ga bisa dengan math. Tapi kita ingin kedua anakku masih tk b dan playgroup pada cinta dan bisa math. Gimana mulainya yach?
    Sempet kepikir untuk ngikutin ke enopi course, tapi masih pikir-pikir. Apakah mungkin seandainya bisa didikik sendiri biar juga makin deket ama papa mamanya.
    Thanks sebelumnya,
    Julius.

  6. Terima kasih Pak Julius (Nyai Demang),

    Memang sangat bagus bila orang tua dapat membimbing langsung putra-putrinya.

    Tetapi tempat kursus juga memberi nilai tambah.
    Misalnya, anak-anak di APIQ juga berlatih sosialisasi.

    Untuk membantu anak-anak belajar math secara langsung,
    Pak Julius dapat memanfaatkan:
    Kartu milenium APIQ,
    Onde Milenium APIQ,
    Program Power Point APIQ, dll.

  7. Mas Agus,
    Mau juga ikut kursus Mas, tapi ya itu APIQ belum ada di Bekasi, Kemang Pratama.

    Saya mau minta tolong untuk dikirim file powerpoint untuk anak-anak. Mudah-mudahan masih harga promo -:) Mungkin coba untuk 10 modul dulu.

    Kalau yang Onde Milienium berapa ya harganya.

    Saya sudah catet no acc. Ibu Cicik, mudah-mudahan besuk pagi bisa sy tt.

    Thanks,
    Julius

  8. Terima kasih Pak Julius,

    Barusan saya sudah kirim email 10 modul power point.
    Semoga memberi manfaat yang besar bagi kita.

    Untuk Onde Milenium, kami baru menyediakan khusus di kelas APIQ. Kami sedang mengusahakan agar dapat diproduksi massal sehingga dapat dijual bebas di pasaran.

    Mohon doanya agar APIQ dapat segera buka cabang di Bekasi.

    Salam,
    agus Nggermanto

  9. Pagi Mas Agus,
    Waduuh matur nuwun banget.
    Kita belum transfer, tapi modul sudah dikirimken. Ada keterangan cara memakainya ga ya?

    Barusan abis ngambil raport anak, saya mampir ke ATM dan tt 50 rb ke rek. BNI Mbak Cicik Cah. Eh bgt sampai ktr buka email sudah ada bingkisan hangat dari Bandung.

    Tadi malem sempet sy print beberapa artikel tulisan Mas Agus dan kita obrolin bareng istri (sorry ga pake ijin, boleh kan ya?. Kita tertarik salah satu konsep pendidikan integral dan personal yang disharing Mas Agus. Salah satu, karena sebenarnya begitu banyak values yang belum sempat kita baca dan endapkan.

    Saya juga pengin baca bukunya Mas Agus tapi belum sempet cari ke toko buku. Mau dibawa sebagai sangu pulang kampung ke Jogya sama anak-anak…..

    Sekali lagi thank you dan banyak doa untuk kesuksesan Mas Agus dan team di APIQ. Dan ditunggu kehadirannya di Kemang Pratama Bekasi.

    Wassalam,
    JW.

  10. Hmn, . . . 0ke juga nie. Tapi kalau bisa jangan cuman tentang deret/baris bilangan. Yang lainnya kemana, kemakan ama pendahuluan yang begitu panjang ya mazz? -_^

  11. Antara senang dan tidak, rumus yang didapat dari sebuah permainan untuk menjawab deret kuadrat, ternyata sudah ditemukan oleh Al-Kharki dari Baghdad yang hidup pada permulaan abad ke-12.

    Yaa. … , meski demikan, banyak senannya kok, ….. karena saya telah berhasil membuat satu bentuk permainan untuk menjawab jumlah deret kuadrat.

    Cuma …, jangan-jangan bukan kejutan lagi buat APIQ nih.

    Jangan-jangan permainan tersebut dah pernah diajarkan sama APIQ nih.

    Gimana pak ???

    Mudah-mudahan belom ya …. kan mo kasih kejutan buat temen-temen.

  12. belum….APIQ belum pernah mengajarkan kok.

    Memang saya sudah tahu rumus itu. Tetapi pengalaman Mas Yudhi menemukan rumus itu adalah unik. Tidak dapat digantikan oleh siapa pun – baik orang di masa lalu atau di masa depan.

    Jadi…mari terus sharing pengalaman…

    Saya tunggu ya sharing dan kejuatannya!

    Trims. Salam…

  13. dari paparan bang emang cukup mudah, namun gima dengan orang yang punya masalah dengan matematika. isalnya dasar-dasar matematikanya kurang sekali! apa bisa?

  14. benar gak ya , tolong dikoreksi kalo salah…

    kan rumus dari soalnya Sn = 3n^2 + n
    fokus ke angka 3

    sekarang rumus ummumnya
    Sn = (b/2)n^2 + k.n
    fokus ke (b/2)n^2

    sekarang gabungin deh…
    3n^2 = (b/2)n^2
    3 = b/2
    b = 3×2
    b=6…

  15. Ok. Sy Setuju siswa mengerti trik-trik siluman, tapi utk pr guru tlg dibrkn ke siswa di akhir pembljrn, ato utk persiapn UN/SNPTN ja..
    Yng perlu Rumus Siluman aq ada koq…

  16. aduh mengapa mtk itu susah dmengerti,lw +,-,x,:,dll lumayan mudah sich tp lw uda menghapal rumus dan yg pakek rumus lumayan susah,ttp mtk ya bakal seru dgn rumus yg tdk mterlalu susah he2,……,.,.,..,,.

  17. gni lho, dari dulu aku gag bisa memahami mtk..
    karena saya pusing untuk menghafalkan rumusnya..
    bagaimana cara menghitung cepat, tentang garis singgung, atau jarak, atau jg, luas sisi limas…

  18. pakkkkkk kalau ngasitau ncara mudah belajar matematika langsung aza ke cara nya,,,jangan terlalu bamyak teori nya………..key..oh ya fgi mana sih cara gampang mengerjakan soal kuartil,desil,dan persentil………/

  19. waktu sma dulu saya masih ingat dengan rumus2 matematika…
    tapi semenjak kuliah, di jurusan yang gak ada matematikanya, saya jadi lupa dengan rumus2 matematika yang spesifik, seperti kalkulus atau aritmatik….yang tersisa hanya trigonometri dan sedikit rumus bangunruang/bangundatar

    namun saya setuju dengan bapak, bahwasanya matematika tidak harus selalu sebagai jalan hidup (seperti master joesandy, mungkin?)….jika dulu saya mengerjakan soal2 matematika karena ingin diterima di perguruan tinggi negeri, maka sekarang (setelah diterima) saya mengerjakan soal2 matematika hanya untuk kesenangan dan mengisi waktu luang…

    salam kenal
    http://sectiocadaveris.wordpress.com

  20. Makaci… jd menambah perbendaharaan rumus cepat saya nich… Bagi juga dong rumus cepat yang lainnya, terutama untuk Matematika SMP…. !?

  21. met pagi semua..

    MM..adalah penyelamat bagiku..karan ini aku bisa selelsai sekolah smu tanpa biaya apapun.
    sejak sd- smu aku paling nda bisa ninggalin yang namanya mm,kimia,fisika…kalau ada PR..biar ampe jam berapa harus aku selesaikan samapi aku dapat dan puas.
    karna kebolehan saya di mm,kimia,dan fisika aku dapat beasiswa dan banyak penghargaan yang uda aku dapat..bukan nyombong…
    tapi..saat di smu..aku nemuin pelajaran mm yang amatlah tidak enak buatku..serasa main2…
    yaitu..’ PELUANG ”
    DUH..nda enak banget dulu aku belajar ne..
    kalau integral..differensial….atau apa aja yang sulit aku suka..mm is my gurdian angle….
    buat fisika..aku suka newton…pernah aku juara olimpiade karan ini…
    jadi kalau ada yang mau share..tlpn aku yo…

  22. Aku dlu seneng banget matematika,tapi setelah smp aku sering gampangin matematika sampai akirnya aku di sma gak bisa matematika padahal sekarang aku di jurusan IPA dan kendalaku hanya matematika,setelah aku nemuin metode ini sedikit-sedikit aku sudah bisa matematika jadi aku harap kasih info terus tentang belajar matematika yang cepat dan praktis gak ngebosenin…………

  23. .ak anak plembang.
    .akk emg dlu.

    .plengg anti.
    .mTK.
    .tpii smenjag da kdatanggan.
    .gruu yg baek,jdi.
    .bagii akk mtk.

    .tu sngadth=)
    MENYENAGKAN

    .h.oh

    tp akk
    kan anak smp ne
    biiarr gak bosen
    gmna yacH…….

  24. Nih q beri trik sulap matematika, langkah pertama suruh teman anda untuk menuliskan bilangan 4 angka secara berurutan misal 5678
    langkah kedua suruh dia untuk menuliskan secara terbalik angka tadi yaitu 8765 dan minta dia untuk mengurangkan deretan angka yg lebih besar dg deretan angka lebih kecil, yaitu 8765-5678=3087
    langkah ke3 suruh dia untuk memikirkan angka hasil pengurangan trsbut, sambil anda bertindak seperti pesulap, dan secara mengejutkan anda langsung menyebutkan angka 3087, teman anda pun akan terkesima atas sulap anda.
    Ctt:
    1.minta teman anda agar anda tidak mengetahui angka tsb
    2.keempat bilangan yang dideretkan dan dikurangkan semuanya akan memiliki hasil yg sama yaitu 3087

    kalau ad yg mau trik sulap matematika lainya kirim komentarnya saja atau kirim email ke anjar_@yahoo.co.id

  25. Ass…wr.wb.
    Pak, apakah anak yang berkebutuhan khusus (ADHD) bisa mengikuti pembelajaran matematika dengan metode apiq ini? Kalo bisa minta alamatnya di bandung. Terimakasih

  26. Kami berharap dapat membantu lebih banyak anak agar lebih kreatif. Sy belum bisa pastikan apakah APIQ dapat membantu anak tersebut. Perlu penelitian lebih lanjut.

    Terima kasih,
    Salam…

  27. Ping-balik: METODE CEPAT MATEMATIKA « Resza33's Blog·

  28. Ping-balik: metode belajar matematika:cara mengusai rumus cepat matematika « Nyomanyunita's Blog·

  29. thanks informasinya…
    pi yg nam nya itung2 ampuuuuuuunnn DJ….
    but tidak pada kimia asik banget… i like it…
    law matematik n fisika ya gtu deh…

  30. salam kenal..
    saya mau jadi penyebar ilmu cara APIQ, gimana caranya ya?
    saya mau ikut kursus untuk menjadi pengajarnya, kalau ada yang kursus singkat.

    terima kasih..

    -AkuDanJiwa-

  31. Ping-balik: Metode Belajar Matematika: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika « Inkapela's Blog·

  32. wahhh soal itu sangat gampang di imaginasikan sungguh matematika adalah pelajaran yang bisa di mainkan coba saja kalian mencoba asal-asal hitung pasti ingin mencobanya lagi

  33. Wow ini benr2 mmbntu aq dalm mnghdpi pr mtk aq. Aq jdi mkin giat untk mendlami peljran Matematika. Trima Kasih untk situs ini…..

  34. Dear,
    Mau dibawa kemana anak2 kita kalu maunya serba “cepet”, serba “instant..lulus SMA dng nilai bgs, lulus kuliah dng nilai bgs..tapi ..JADI PENGANGGURAN…dimana aplikatifnya matematika dalam hidup ini ??!!! dalam ujian kah…??kalo udah lulus, siapa yang mau ngetes ?? Matematika yg dibutuhkan sekarang bukan hanya rumus, tetapi lebih pada proses pencarian, kritis, logika dan penalaran..ya Bu.. Pak..jadi, mau jadi apa saja anak kita..akan kepake sampai..tua…..
    *sayangianakkita*

  35. Ping-balik: Cara Belajar Cepat Matematika Bersama APIQ « PELAJAR INDONESIA·

  36. haduh .. masih gak ngerti nih caranya .. tapi kalo dikasih contoh soal kalo nggak ada guru yang ngejelasin langsung bingung ..

    duh kepingin nilai mtk akuu bagus nih ..

  37. buka cab di jakarta dunks…!!!1
    truusss….
    aku mau banget ikutan memperluas cara kemudahan seperti ini.. karena bagaimanapun juga, walaupun ga suka matematik. tapi matematik dibutuhkan. yaa walaupun minimal sebagai kewajiban (syarat LULUS) karena kasihan juga kalau generasi penerus bangsa Indonesia banyak yang kalah sama UN karena matematika… hik hik hik…

  38. matematika is the best,,,, yach walaupun terkadang mengalami kesulitan dalam mengerjakannya tapi fun banget kok,,,,, matematika itu menuntut kita untuk selalu berpikir dangan cepat, tepat and pastinya membuat kita jadi lebih smart and jeniusssss………..

  39. Hemm … gimana ya sebenarnya saya belum mengerti , tapi setelah dibaca OK juga tuh . Oh ya bisa kirim rumus menghitung cepat ala anak SMP kelas 1 yang mau menghadapi Ujian Akhir semester 2 gak ? . Soalnya , saya kurang jago dalam bidang matematika , tapi di semester 2 ini saya ingin lulus dengan nilai yang bagus dalam bidang matematika .

  40. Secerdas apapun manusia, tidak akan bertahan lama pengetahuan yang masuk ke dalam otaknya, kecuali manusia yang selalu mengulang dalam mengingat atau mempraktekan ilmu yang didapatnya itu. Percayalah!!

  41. matematika memang bagus, tapi dari dulu aku belajar gak bisa-bisa, pengen mengulang belajar dari awal. kira-kira ada cara yang efisien gak ya? mohon bantuan.

  42. terimakasih bgt blog ini sangat membantu aq skarang aq lebih cepat mengerjakan soal matematika dg rumus cepat

  43. Ping-balik: MAENmaenANGKA « TULIStentangAPAaja·

  44. oke juga,,,,,g’mana lau carax blajar mtematika bagi orang yg tdk mmlilki dasar MTM padahal dia da tamat sma…terkadang dia tau rumusx tp sedikit aja dibalik soalx dia lalu Blang,,,,,,,

  45. saya punya soal : suatu deret bilangan memiliki jumlah n suku yang pertama dinyatakan dng rumus : sn= 3n^2 + 4n + 7 :
    nah mencari rumus ke – n nya caranya gmana? mohon bimbingan nya?

  46. Ping-balik: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika « tHink dIfferenT·

  47. Beberapa orang sebagian besar orang menganggap matematika adalah hal atau pelajaran yang paling sulit,tapi cobalah kalian berpikir hidup ini juga seperti matematika ada penambahan,pengurangan,pembagian maupun penjumlahan secara tidak sadar kita hidup tidak pernah lepas dari yang namanya matematika.

  48. Mengapa Harus memahami rumus cepat?????
    Solusi menguasai konsep matematika itu sendiri lah yang harus dikuasai.

  49. ngakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk ngerti MAKSUDNYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! TAPI BDW thanks atas infonya >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  50. السلا م عليكم
    Saya mau bertanya nih S11 bisa menjadi S10 caranya gimana tuh padahal S10 tidak ada disoal yang ada diatas………??
    kasih penjelasannya……. BALAS

  51. Ping-balik: 2010 in review | APIQ: Matematika Kreatif Aritmetika Quantum·

  52. Assalamu’alaikum,,,,,,,,,
    saya icha,,,
    tlong donk APIQ membuka cabang di Jombang Jatim,karna di sana tidak ada progam seperti itu.
    apalagi privat matematika.

    Tolong y !
    Syukron,,,,

  53. kaya mana siie carax supaya saya bisa langsung mengerti pelajaran matematika …….

    tanpa haru pusing dan ada keluhan……….

  54. trims tuk metode blajarx.. sy snang bsa blajar.. tpi,da yg kurang.. metode tuk klaslima kebawah apa..?? masa cuma metode UN,SPMB, n UNPTN doang.. tpi mantap dech..

  55. Gw kuliah di Teknik, ada palajaranx yang gw nda ngerti terutama tentang intagral apalagi klo dah masuk integral ordo satu, integral ordo dua gw pusing ngejainx

    • tolong kasih tau caranya gimana bisa dapat info matematika dengan lengkakp dan jelas serta mudah dimengerti, thank’s seblumnya

  56. tolong donk kasih tau dimana gw bisa dapat informasi tntang pelajaran Match tingkat perkuliahan dengan lengkap

  57. Untuk Viari Garin, apa yang Anda tanyakan ttg Invers : apakah Invers suatu Matriks atau Invers dari suatu fungsi; Kalau dari matriks : pertama harus tahu dulu syarat suatu matriks hanya mempunyai Invers kalau matriksnya non singular yakni maktris bujur sangkar yang determinannya tidak nol, lalu pelajari cara mendapatkannya (yang paling gampang matriks orde 2 x 2; Untuk invers fungsi, harus tahu syaratnya fungsi yang dicari inversnya adalah fungsi yang variabel berkorrespondensi satu-satu yakni kalau dari y = f(x) berlaku bahwa untuk x = a, nilai y = f(a) = b, maka pada fungsi Inversnya y= F(x) akan berlaku untuk x = b, nilai y = F(b) = a, jadi cara mendapatkannya sangat mudah : misalnya y = f(x) = 3x + 2 maka inversnya diperoleh dari
    x = 3y + 2 atau 3y = x – 2 atau y = F(x) = (1/3).x – (2/3). Nah coba cek :
    pada y = f(x) ambil x = 1, maka y = 5, sedangkan pada y = F(x) harus berlaku F(5) = (1/3).5 – (2/3) = 5/3 – 2/3 = 3/3 = 1 (Benar kan ?)

  58. ridwan | Oktober 10, 2010 pukul 12:42 pm | Balas

    saya punya soal : suatu deret bilangan memiliki jumlah n suku yang pertama dinyatakan dng rumus : sn= 3n^2 + 4n + 7 :
    nah mencari rumus ke – n nya caranya gmana? mohon bimbingan nya?

    jawab:

    Un = Sn -S (n-1)
    = [3n^2+4n+7] – [3(n-1)^2+4(n-1)+7]
    =……

  59. Salam…

    Secara rumus Un Anda sudah benar.

    Tetapi bayangkan rumus

    S(n) = 3n^2 + 4n + 7
    S(0) = 0 + 0 + 7 = 7

    Deret apakah tersebut?

    Terima kasih…

  60. wowww
    it likes a magic
    kita cepat bangat hitung nya tanpa pake alat bantu buat mngerjakan nya
    yang diperlukan hanya imajinasi kita saja
    hmmmm
    it’s great

  61. wowww
    it likes a magic
    kita cepat bangat hitung nya tanpa pake alat bantu buat mngerjakan nya
    yang diperlukan hanya imajinasi kita saja
    hmmmm
    it’s great

  62. orang yang hebat adalah orang yang mau memberi ilmu pada orang lain,,, lakukanlah selalu untuyk memberikan ilmu kepada orang yang membutuhkan..
    dan selalu ingat: “ilmu dapat melindungimu dan harta tidak bisa melindungimu”

  63. berarti harus apal semua rumus dasarnya ya??

    Wahh, tolong bantuin dong ada cabang di bandung ga??

    Persiapan buat snmptn tahun depan

  64. Ping-balik: Metode Matematika « smkmuhidotme·

  65. gmna CIch CRANYA blajr cpat matematika ,,,, dlu wktu sd q ska bngt sma yang nmnya matematika ,,, tetpi semnjak smp q tdak trlalu ska krna plajarannya slit bngt bkin aku bngung,,,,,,,,,,,

    gmna cich cranya buat blajar matematika yang bner/////////

  66. wah bagus nih kaitan matematika dg AGAMA terutama agama Islam yg pernah saya baca pd buku KESETIMBANGAN MATEMATIKA DALAM AL-QURAN..,JUGA MATEMATIKA DLM ALQURAN oleh Fahmi Basha..,
    disitu akan kita dpti keajaiban matematika dlm alquran

  67. Ping-balik: Metode Belajar Matematika: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika « sopiahherawati·

  68. mathematics [of] why you very [is] hard learned.
    it[him] have an out

    do not always remember what I have several times learn the mathematics. but why is not bright – yeahhh
    kan lose face

    or possible brain which cannot accomodate heavy – heavy

    I also hate this Iesson. because too hard my head get sick : p :(

  69. Slamet Mlm, walaupun agak terlambat : Slamet Thn Baru, semoga Apiq makin sukses; Pesan khusus untuk Latifah Ramadhani : mungkin Anda sangat benci Mat karna pengaruh cara guru ngajar ya, tapi yakinilah bahwa Mat akan menuntun Anda berfikir, gimana menangani suatu masalah : gimana langkah2 menyelesaikan suatu soal, mulailah belajar memahami hal2 yang sederhana, jangan yang sukar2 dulu, minta bantuan guru yang menyenangkan cara ngajarnya, Ok, smoga berhasil

  70. .wiihh bakalan tambah semangat ƞı̣̣čĦ.. Memperdalam lagi ahh.. “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮.. :) :D

    .͡▹​ thanks Ɣªª pak..

  71. .gak ngerti masalah mtk tingkat atas mah. . .klo dasar baru ngerti. . .hehehe. . .

    .maklum. . .waktu skola nilai mtk ku slalu jelek. . .hehehe. . .jeleknya jelek pertengahan. . .jd aku msh bisa naik kelas. . .hehe

  72. Kalimatnya terlalu Panjang ! Jadi maLess ngebacanya -_____- ! Kagakk bisaa di Ringkas dikit napahh ? Spayaa nggak bosenn ngebacanya ! •__• Atauu paLingg nggak di tambahin gambar gambarann , agar Seruu ngebacanya ANd nggak bosen :) :D

  73. Great weblog right here! Additionally your web site quite a bit
    up fast! What web host are you the use of? Can I am getting your associate hyperlink on your host?
    I want my site loaded up as quickly as yours lol

  74. Howdy! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to look it over.
    I’m definitely loving the information. I’m book-marking
    and will be tweeting this to my followers! Fantastic blog and fantastic style and design.

  75. Met malam mas Angger, lama ndak ikut nimbrung, tapi baru2 ini harus ngajari cucu yg di SMA klas I (klas X) tentang logika Matematika yakni ttg menetapkan sah tidaknya suatu urutan pernyataan; apakah pak Angger punya cara yang jitu ?

  76. Hey! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting
    a new initiative in a community in the same niche.

    Your blog provided us beneficial information to work on.
    You have done a marvellous job!

  77. Thanks for a marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you’re a great author. I will always bookmark your blog and will eventually come back sometime soon. I want to encourage yourself to continue your great posts, have a nice weekend!

  78. A Clean Colon Can Lead To A Overall Improvement in Health.
    With habitual bowel movement, the toxins in the
    foods settled in the fecal matters will be expelled. Don’t get us
    wrong, we are not stating that detoxification is the miracle cure for
    all the diseases, but certainly is the most effective preventive treatment
    of all.

  79. As an example, you can look at joining the neighborhood gym to
    become a lot more fitter and stronger or you might even elect to
    get involved with active community service. When she notices these small changes you have made she will
    begin to wonder what you are doing different than you were
    when the two of you were together, and she may even become consumed
    with thinking about you and wondering what you are up to.

    They will be able to miss you and have the chance to get back together with you.

  80. They also have an agreeable nature and require a lot to provoke.
    Baby lizards will need more protein, but as they get
    older they eat more planets and vegetables along with bugs and worms.
    Here are a few breeds of turtles, red eared slider, yellow bellied terrapin, painted
    terrapin, the box turtle and tortoise.

  81. Your sexual harassment attorney will be able to determine if you have a legitimate
    case. noun The uppermost or forwardmost part of the body of a vertebrate,
    containing the brain and the eyes, ears, nose, mouth, and jaws.
    Many fact-finding surveys reached to the conclusion that the risks of oral sex definitely include chances
    of acquiring HIV and other sexually transmitted diseases.

  82. Ping-balik: Belajar Matematika Menjadi Proses yang Penting | GusNGGER·

  83. Ping-balik: Mudahnya Belajar Matematika Volume Benda Putar | Anak Lebih KREATIF & Berprestasi·

  84. Ping-balik: Bersanding dengan Si Plagiator | GusNGGER·

  85. Ping-balik: Gimana Caranya Supaya Cepat Kaya | Bagaimana Cara Nya·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s