Kursus Matematika Quantum: Pilihan yang Tepat?

Orang tua siswa itu dengan gemas bertanya, “Singkat kata, kursus matematika manakah yang sebaiknya diikuti oleh anak saya?”

“Ya betul, betul, apa kursus matematika yang terbaik?” orang tua siswa yang lain setuju. Saya berpikir sejenak. Apakah pantas bagi saya menilai kursus matematika? Memang saya guru matematika. Saya pecinta matematika. Saya peneliti matematika. Menurut saya tidak layak ”menghakimi” kursus matematika. Tetapi para orang tua siswa terus mendesak. Akhirnya saya menemukan jawaban yang tepat… ”Semua kursus matematika itu baik. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.”

Tampak orang tua siswa itu belum puas dengan jawaban saya yang mengambang itu.

”Tolong sebutkan kekurangan masing-masing!” orang tua siswa terus mendesak.

”Daftarkan putra-putri Ibu ke kursus matematika apa saja kecuali sempoa.”

”Ada apa dengan kursus mental aritmetika sempoa?”

”Dengan sempoa lebih banyak bahayanya dibanding manfaatnya. Lebih-lebih jika putra-putri Ibu semakin tumbuh besar. Mungkin sempoa akan cocok untuk anak usia TK sampai kelas 1 SD, maksimal kelas 3 SD. Tetapi jika putra-putri Ibu sudah kelas 4 SD akan mulai banyak kesulitan dan masalah akibat sempoa. ”

Ruangan jadi gaduh. Suasana menjadi setengah tak terkendali. Orang tua siswa itu saling cerita sendiri kesulitan anak-anak mereka akibat sempoa. Ada yang cerita anaknya juara sempoa ketika TK. Ketika kelas 4 SD, anaknya mulai pusing dengan sempoa, sulit belajar matematika, prestasi semakin turun. Ada juga yang cerita, awalnya anaknya yang meminta-minta kursus sempoa, maksa-maksa. Setelah ikut sempoa dia senang. Tapi tidak bertahan lama anaknya mulai bosan. Saat ini, kalau dia mau berangkat kursus sempoa kepala terasa pusing-pusing seperti mau muntah. Kegaduhan suasana terus berlanjut… Sampai seorang ibu mengajukan pertanyaan:

”Bagaimana dengan kursus matematika Kumon?”

”Kursus matematika Kumon itu bagus,” saya menjawab singkat lalu diam. Suasana jadi hening sesaat. Masih hening. Saya juga diam saja.

”Kekurangannya apa, Kumon itu?” seorang ibu bertanya.

”Lebih banyak kelebihannya dari kekeurangannya.”

”Kelebihannya, Kumon mengajak anak disiplin. Kelemahannya, kedisiplinan Kumon kadang membuat anak-anak menjadi tidak kreatif. Padahal matematika adalah petualangan yang kreatif.”

Lagi-lagi suasana gaduh. Mereka saling cerita pengalaman mereka masing-masing. Setelah puas melampiaskan pengalaman masing-masing, seorang ibu mengajukan pertanyaan:

” Kesimpulannya, apa kursus matematika yang terbaik?”

”Kursus matematika terbaik adalah….menurut saya, kursus matematika APIQ!” saya menjawab dengan mantap. ”Mengapa Kursus Matematika Quantum APIQ adalah yang terbaik?”

”Karena saya yang mengelolanya,” sambil bercanda saya menjawabnya.

”Kursus Matematika Quantum APIQ menjadi yang terbaik karena APIQ benar-benar melakukan pendekatan matematis. APIQ meneladani Kumon dalam hal kedisiplinan. Tetapi pada saat yang sama, APIQ terus memacu kreativitas setiap siswa dan guru. Quantum Learning dan Quantum Quotient adalah acuan utama untuk mengembangkan kreativitas. Kurikulum APIQ juga lengkap dari mulai anak usia 4 tahun (TK) sampai anak siap masuk perguruan tinggi.”

Akhirnya saya menyusun rekomendasi untuk memilih kursus matematika mulai dari yang terbaik:

  1. Kursus Matematika Quantum APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika.
  2. Kursus Matematika Kumon: Disiplin Bermatematika
  3. Kursus Matematika Sakamoto
  4. Kursus Matematika Privat: mengundang guru ke rumah
  5. Kursus Matematika di lembaga bimbingan belajar
  6. Kursus Matematika Mathmagic
  7. Kursus Matematika di sekolah bersama guru sekolah
  8. Kursus Matematika sempoa / mental aritmetika

Semoga Anda menemukan kursus matematika yang paling sesuai untuk Anda dan putra-putri Anda.

(agus Nggermanto)

APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika. APIQ membuka program kursus matematika kreatif yang mengembangkan kecerdasan anak dengan cara fun, gembira, dan mengasyikkan serta lebih cepat. APIQ menumbuhkan motivasi belajar anak dengan pendekatan Quantum Learning, Quantum Quotient, dan Experiential Learning. Berbeda dengan pendekatan metode pendidikan atau pembelajaran matematika yang pada umumnya menempatkan aljabar sebagai fundamental, APIQ justru menempatkan aritmetika sebagai fundamental utama matematika. Pendekatan aritmetika menjadikan matematika lebih konkret tidak abstrak seperti aljabar. APIQ mempelajari matematika secara utuh dari aritmetika, aljabar, geometri, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ menyiapkan program untuk anak usia 4 tahun (TK) sampai lulus SMA (preuniversity). APIQ berasal dari kata Aritmetika Plus Inteligensi Quantum.

About these ads

47 responses to “Kursus Matematika Quantum: Pilihan yang Tepat?

  1. Terima kasih untuk pencerahannya. Kebetulan saya sedang mencari kursus matematika yang pas untuk anak saya. APIQ sudah ada di Solo belum? Kalau ada, di mana alamatnya?

  2. Dear Apiqquantum,
    saat ini saya di semarang, saya tertarik dengan metode baru mengajar matematika pada anak2, saya sangat berminat dan tertarik untuk mengikuti kursusnya.
    Thanks

  3. kebetulan saya menemukan web site ini dan rencana saya mencarikan kursus berhitung untuk anak saya. Awalnya mau saya masukkan ke sempoa ato jarimatika tp kakak saya bilang banyak kelemahannya. Untuk kursus APIQ di tegal udah ada blm ya?klo udah ada dimana?semisal klo blm ada bisa nggak materi didownload dari internet,tq

  4. alhamdulillah, terimakasih anak saya sudah mulai menikmati pelajaran matematikanya yang selama ini seakan menyiksanya. anak asay Ikhsan masuk di kursus APIQ baru beberapa kali pertemuan tapi sudah mulai kelihatan dia menyukainya. untuk kerjasama antar pembina dan orang tua lebih ditingkatkan demi kemajuan anak didik di kursus apiq.

  5. APIQ di malang, jatim, sudah ada atau belum ya? kebetulan saya tertarik untuk mengikutkan anak saya kursus matematika

  6. kebetulan saya juga mau mencarikan kursus matematika untuk anak saya yang kecanduan sama permainan ps,dulu saya pernah berencana mau memasukan anak saya kursus di kumon ,tapi karena biayanya ternyata cukup mahal(sktr 300 rb per bulan) saya jadi batal mendaftarkan anak saya di kursus tsb .kalau di APIQ berapa ya biaya perbulan nya…o ya saya bertempat tinggal di bogor ,,apakah di bogor sudah ada cabang APIQ… terimakasih

  7. saya ingin mencarikan kursus matematika seperti apiq ini ,kebetulan anak saya kelas 2 sd dan smp apakah di bekasi utara sudah kursus seperti ini, apakah kursus jaritmatika yang ada sama dengan cara ini

  8. kebetulan saya menemukan web site ini.saya memang sedang mencarikan kursus matematika buat anak saya yg berusia 4,5th (TK).
    apakah didaerah jakarta timur sudah dibuka kursus APIQ.tolong info tempatnya dimana saja.

    Terima kasih

  9. saya tertarik untuk membawa anak saya kursus matematika APIQ.. kira2 dimana bisa saya hubungi untuk daerah Depok..? Terima kasih – Inge

  10. Anak saya kelas 2 smp ( kelas 8 ) , bukan meragukan kemampuan anak saya, tetapi dari nilai raportnya memang menunjukan bahwa dia tidak menguasainya . Saya ingin tahu Modul untuk anak smp ada berapa dari basic sampai mahir ? berapa biayanya? Di jember ada apa tidak?. terima kasih

  11. Salam,
    Yth rayssawijaya

    Di Jember kami belum buka.
    Bila ada yang minat buka kami siap mendukung.

    Untuk modul SMP kami menyarankan, animasi APIQe ppt seri:

    11-50 = 40 file x 5 ribu = 200 ribu
    61-70 = 10 file x 5 ribu = 50 ribu

    Bila ingin memperkuat dasar bisa juga,

    01-10 = 10 file x 5 ribu = 50 ribu.

    Info lebih lengkap: quantumyes@yahoo.com

    Terima kasih…

  12. Salam…
    Terima kasih Mama Alya.

    Di Madiun saat ini belum ada.
    Kami senang Ibu berminat buka di Madiun.

    Prosedur dan proses dapat kita lihat di:

    http://apiqquantum.com/kerja-sama/prosedur-proses/

    1. Calon Mitra (partner) membaca dan mempelajari informasi tentang APIQ melalui internet atau media tertulis (www.apiqquantum.com). Untuk melengkapi informasi, Mitra berdiskusi dan bertukar pikiran melalui internet atau telepon (quantumyes@yahoo.com | 0818 22 0898). Calon Mitra akan menjalani beberapa tes – lisan atau tertulis.

    2. Bila dari tahap satu diperoleh kecocokan, maka dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka untuk menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Calon Mitra membayar uang tanda komitmen.

    3. Berdiskusi membahas draft kerja sama, strategi, dan business plan – dapat melalui email atau tatap muka langsung.

    4. Survey lokasi ke beberapa tempat alternatif dan biaya survey ditanggung Mitra.

    5. Penandatanganan kesepakatan kerja sama sekaligus pembayaran biaya kerja sama.

    6. Training dari Pusat: proses bisnis dan kesiapan instruktur.

    7. Setting kelas APIQ di Cabang.

    8. Promosi APIQ Cabang.

    9. Soft launching APIQ Cabang.

    10. APIQ Cabang beroperasi.

    11. Continous improvement (oleh Cabang dan Pusat)

    12. Training rutin periodik (per tahun 6 kali atau lebih sering sesuai kebutuhan)

  13. Selamat siang

    saya Ibu Hayyi. Mau tanya kursus mtk ini ada ga d daerah alternatif cibubur. Rmh saya di daerah kota wisata cibubur. Ditunggu infonya

    makasih banyak

  14. Selamat siang, saya prima, mau tanya tempat kursusnya di daerah cipete utara adakah? Saya sudah mencoba telp bp. Fajar di 081514119101 tapi tidak pernah ada jawaban, mohon tanggapannya terimakasih

  15. askm,,, pak sy mau tanya untuk wilayah jakarta timur ada tidak ya / ada yg terdekat tdk ya tempat kursusnya soalnya sy tinggal di pengilinggan cakung jakarta timur. terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s